6 Dapil Dinilai Proporsional

199
Titik Nurhayati

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Ketua KPU Kota Depok, Titik Nurhayati menilai ditetapkannya enam daerah pemilihan (Dapil) oleh KPU RI telah sesuai kajian dan proporsional.

“Hasil uji publik dari KPU Depok ada tiga masukan baik dari partai politik maupun dari publik, yaitu yang kami serahkan kepada KPU RI. Tentunya KPU RI melihat apakah semua dapil telah memenuhi prinsip-prinsip yang telah ditentukan di dalam undang undang,” ujar Titik kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, hampir semua dapil di seluruh Indonesia tidak banyak mengalami perubahan terutama di kabupaten/kota. Terkecuali, kata dia, ada pemekaran wilayah dan perubahan penduduk yang signifikan.

“Kalau di Depok khususnya di Jawa Barat banyak juga yang tidak berubah. Dengan prinsip kesinambungan, KPU RI memandang bahwa selama pola 2014 itu bisa dipertahankan memang tidak mengubah dapil,” paparnya.

Hanya saja, sambungnya, ada penamaan dapil yang berubah. Hal itu terjadi juga di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Di mana, dapil pertama dimulai dari ibukota kabupaten/kota nya.

“Untuk Depok dahulu dapil satunya Cimanggis, sekarang dapil satunya Pancoran Mas. Dapil dimulai di pusat kota,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa penetapan enam dapil yang memutuskan KPU RI dan telah berkonsultasi dengan DPR RI. Pihaknya hanya menerima putusan, akan tetapi masukan dari publik dan partai politik telah diusulkan.

“Kami pun tidak diundang pada saat putusan itu. Sudah ada rumusnya di dalam system itu, bilangan pembagi penduduknya sudah ada. Jadi begitu kami entry angkanya, pembaginya berapa, itu sudah muncul. Kami bilang sudah proporsional,” ungkapnya.

Sementara untuk alokasi kursi juga mengalami perubahan seperti halnya yang telah diexpose oleh KPU Depok beberapa waktu lalu.

Di mana Dapil 1 yakni Pancoran Mas yang tadinya tujuh kursi kini menjadi enam kursi, Dapil 2 yang meliputi Beji, Cinere dan Limo 9 kursi, Dapil 3 yakni Cimanggis yang pada pileg 2014 lalu tujuh kursi kini menjadi enam kursi, Dapil 4 Kecamatan Sukmajaya 7 kursi, Dapil 5 Tapos Cilodong yang sebelumnya hanya 10 kursi kini bertambah menjadi 11 kursi, begitu juga dengan Dapil 6 Sawangan Bojongsari dan Cipayung kursinya bertambah menjadi 11 dari sebelumnya 10 kursi. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here