Sah! Pileg 2019 Enam Dapil

4483
Wilayah Kota Depok yang nantinya akan dibagi menjadi enam daerah pemilihan pada Pileg 2019

Margonda | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akhirnya menetapkan daerah pemilihan (Dapil) Kota Depok pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 mendatang. Di mana, KPU RI telah menetapkan Dapil untuk Kota Depok sebanyak enam dapil.

Hal itu diperkuat dengan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 275/PL.01.03.Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang penetapan daerah pemilihan dan alokasi kursi Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Jawa Barat dalam pemilihan umum 2019.

“Iya sudah ditetapkan menjadi enam dapil. Hanya saja urutan dapilnya yang berubah,” ujar Nana Shobarna, Komisioner KPU Kota Depok, Sabtu (7/4).

Ia mengatakan, perubahan urutan dapil terjadi di semua wilayah. Contoh, wilayah Pancoran Mas yang dahulu Dapil enam kini menjadi Dapil satu.

“Karena Dapil 1 itu harus posisinya di ibukota, jadi Panmas berada di Dapil 1. Semua dapil mengalami perubahan urutan,” paparnya.

Hal yang sama juga terjadi di Dapil 3 yakni Sawangan, Cipayung dan Bojongsari. Saat ini wilayah tersebut menjadi Dapil 6.

Sementara untuk alokasi kursi juga mengalami perubahan seperti halnya yang telah diexpose oleh KPU Depok beberapa waktu lalu.

Di mana Dapil 1 yakni Pancoran Mas yang tadinya tujuh kursi kini menjadi enam kursi, Dapil 2 yang meliputi Beji, Cinere dan Limo 9 kursi, Dapil 3 yakni Cimanggis yang pada pileg 2014 lalu tujuh kursi kini menjadi enam kursi, Dapil 4 Kecamatan Sukmajaya 7 kursi, Dapil 5 Tapos Cilodong yang sebelumnya hanya 10 kursi kini bertambah menjadi 11 kursi, begitu juga dengan Dapil 6 Sawangan Bojongsari dan Cipayung kursinya bertambah menjadi 11 dari sebelumnya 10 kursi. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here