Ribuan Pencaker Serbu Bursa Kerja

118
Terlihat ribuan pencari kerja menyerbu bursa kerja yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Ribuan pencari kerja (Pencaker) kemarin menyerbu Bursa Kerja Tahun 2018 yang digelar Dinas Tenaga Kerja Kota Depok. Ada ribuan formasi yang ditawarkan dari puluhan perusahaan yang ikut dalam bursa kerja tersebut.

“Ada 3.070 formasi yang tersedia, diharapkan bisa terserap semua terutama warga Depok. Sementara pengunjung yang hadir dan mendaftar telah mencapai ratusan, dan bisa mencapai 7.000-8.000 bahkan bisa mencapai 10 ribu pengunjung,” ujar Diah Sadiah, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok, Senin (26/3).

Ia menambahkan, untuk perusahaan yang terlibat dalam bursa kerja kali ini mencapai lebih dari 40 perusahaan. Namun begitu, formasinya lebih banyak yang tersedia.

Dikatakannya, pihaknya harus mampu menyerap banyak tenaga kerja. Di mana, sebanyak 64 persen formasi untuk lulusan SLTA.

“Diharapkan penyerapannya lebih banyak, kami juga telah sampaikan kepada perusahaan untuk memprioritaskan warga Depok. Kami juga menyediakan pelayanan AK1 gratis dan fotocopy gratis untuk AK1,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk serapan tenaga kerja pada 2017 lalu mencapai 3.000 lebih warga Depok yang terserap sebagai tenaga kerja dalam event bursa kerja. Selain itu, kata dia, banyak juga perusahan-perusahaan yang secara langsung menyerap tenaga kerja.

Dijelaskannya, dari formasi 3.000 yang tersedia untuk bursa kerja kali ini, diharapkan bisa terserap secara keseluruhan.

“Tahun lalu formasi yang tersedia 10 ribu, yang terserap 3.000 lebih. Yang tidak terserap rata-rata karena mereka lebih memilih-milih pekerjaan salah satunya tidak sesuai jurusan. Contoh, mereka jurusannya admistrasi perkantoran, namun satu perusahaan biasanya hanya menerima satu atau tiga orang dari jurusan itu,” ungkapnya.

Dengan begitu, lanjutnya, diharapkan para pencaker memiliki jiwa untuk bekerja terlebih dahulu dan tidak memilih-milih.

“Insha Allah jika memiliki jiwa pekerja ke depannya jenjang karier akan semakin tinggi dan meningkat, begitu juga dengan jabatan akan meningkat pula,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here