20 Calon TKI ‘Dicekal’

160
Dadan Gunawan

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Kantor Imograsi Kota Depok, Dadan Gunawan mengatakan terdapat sekitar 20 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ditunda keberangkatannya ke luar negeri. Hal itu dikarenakan para TKI tersebut terbentur dengan urusan prosedural.

“Kami menunda keberangkatan sekitar 20 calon TKI karena non prosedural, konsep pelayanan kami kan melindungi sebetulnya. Namun yang bersebrangan dengan masyarakat bahwa kok dipersulit, padahal konsepnya untuk melindungi mereka,” ujar Dadan kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, kasus yang menimpa TKI bernama Adelin harus menjadi cerminan bersama bahwa fungsi imigrasi tidak bisa berdiri sendiri, karena harus ada kontribusi dengan masyarakat.

“Masyarakat pemohon ini yang harus kami edukasi, bahwa konteks kami ini bukan hanya sekedar melayani, akan tetapi bagaimana melindungi WNI dari mulai dalam negeri hingga bisa kembali lagi ke negerinya sendiri,” paparnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, ditundanya keberangkatan sekitar 20 calon TKI hingga ada kejelasan yang bersangkutan bisa membuktikan bahwa keberangkatan ke luar negeri itu bisa dipertanggungjawabkan.

“Karena kalau konteks TKI itu sudah prosedur dan tak usah kami khawatirkan, tapi modus-modus operandinya yang memakai alasan kunjungan keluarga, liburan, umroh, ziarah sampai haji plus pun kami akan perhatikan betul,” tegasnya.

Sekali lagi pihaknya menjelaskan, ditundanya keberangkatan 20 calon TKI dikarenakan aspek perlindungan warga Negara. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here