Tahun Ini Damkar Miliki Mobil Tangga

171
Simulasi pemadam kebakaran di halaman Balaikota Depok saat peringatan HUT Damkar

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Pemedam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Depok dipastikan tahun ini akan memiliki mobil tangga.

“Insha Allah tahun ini kami miliki (mobil tangga,red), satu unit. Nantinya mobil tangga itu bisa mencapai ketinggian 60 meter. Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi,” ujar Gandara Budiana, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Senin (19/3).

Ia menambahkan, pengadaan mobil tangga sangat diperlukan lantaran di Depok saat ini telah tumbuh gedung-gedung bertingkat. Dengan begitu, jika terjadi kebakaran di ketinggian akan memudahkan pihaknya untuk melakukan pemadaman.

“Dari beberapa tahun sebelumnya memang sudah dianggarkan, jadi baru tahun ini baru bisa dilaksanakan. Mungkin di akhir tahun sudah ada kendaraannya, anggaran Rp 32 miliar untuk mobil tangga saja,” papanya.

Di tahun ini, sambungnya, pihaknya mendapatkan alokasi anggaran kurang lebih Rp 52 miliar. Adapaun biaya terbesar di tahun ini yakni untuk pembelian mobil tangga sebesar Rp 32 miliar.

Lebih lanjut Gandara mengatakan, selain membeli mobil tangga, pihaknya juga tetap mengadakan perlengkapan penyelamatan serta biaya kegiatan dan operasional.

Terkait pengadaan mobil tangga, Walikota Depok, Mohammad Idris memandang sudah saatnya tahun ini Damkar Depok memiliki kendaraan tersebut.

“Kami melihat keperluan dari waktu ke waktu, bahwa saat ini keperluan sarpras untuk Kota Depok ini semakin tinggi. Mobil tangga harus dan kudu punya, karena kami telah mengeluarkan Perda IMB diperkenankan untuk bangunan bertingkat,” ungkapnya.

Selain itu, Idris juga berharap ke depan Damkar memiliki mobil pemadam kebakaran yang minimalis agar bisa masuk ke jalan lingkungan.

“Ini pun tidak mudah, karena terkait dengan kapasitas airnya. Dari itu ke depan harus didorong pengadaan hydrant di setiap lingkungan untuk mencegah kebakaran agar tidak meluas,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here