Sah! Dadang Kadishub

179
Walikota Depok, Mohammad Idris saat melantik Kadishub, camat, lurah dan ASN di lingkup Pemerintah Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris akhirnya secara resmi melantik H Dadang Wihana sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Depok. Dilantiknya Dadang setelah dirinya mengikuti lelang jabatan dan memperoleh nilai tertinggi dalam seleksi calon Kadishub.

“Kegiatan mutasi ini kami lakukan karena sudah mendapat restu dari Komisi ASN, khususnya itu (pelantikan Dadang,red). Pansel lebih cepat karena memang sebelumnya sudah ada asesmen eselon IIIa itu yang dipakai, tinggal diperdalam saja dengan wawancara dan karya tulis serta pemeriksaan kesehatan,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Selasa (13/3).

Secara kopetensi, sambungnya, yang masuk tiga besar sangat kompeten dalam menjalankan tugasnya yang baru. Namun begitu, kata dia, ada rekomendasi kesehatan dari dokter untuk jadi pertimbangan, dan akhirnya jatuh kepada Dadang Wihana.

“Termasuk yang kami jadikan lurah mereka yang telah lulus asesmen sebagai lurah dan daftar secara kesadaran diri sendiri. Begitu juga dengan camat, kemarin yang lulus tiga, dari 9 orang yang mendaftar. Ada juga camat yang diminta oleh Dinas Kependudukan untuk kami usulkan ke Kemendagri, sebab yang diusulkan mereka yang telah eselon III dengan syarat-syarat lainnya,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa masih banyak posisi yang kosong terutama di kelurahan. Dirinya tidak beranai untuk mengisi secara keseluruhan kekosongan itu.

“Ada sekitar 100 posisi yang belum terisi, karena BKN sudah menyediakan tempat untuk dilakukan uji kopetensi bagi staf untuk menjadi pejabat dari eselon IVb ke eselon IVa, kita mendapatkan jatah 200an orang, sehingga inilah yang akan kami utus ke BKN untuk mengikuti diklat. Nantinya mereka akan kami tempatkan di kelurahan-kelurahan,” katanya.

Wakil Walikota, Pradi Supriatna yang kemarin pada saat pelantikan diberi kesempatan khusus oleh walikota untuk memberikan sambutan mengatakan, dilantiknya Kadishub yang baru sudah melalui proses yang cukup panjang.

“Tentu kami berharap Pak Dadang dapat melanjutkan apa-apa yang sudah baik oleh Kadishub sebelumnya. Selain itu ia juga membuka ruang-ruang baru terkait dengan inovasi, karena kinerja ini akan lebih efektif dan efisien serta hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat Depok,” tandasnya.

Dikatakannya, bahwa banyak hal terkait inovasi untuk memajukan transportasi di Depok. Saat ini, sambungnya, transportasi di Depok cukup menyita perhatian dengan kemacetan termasuk masalah lain seperti halnya angkutan kota.

“Termasuk dipersoalan KIR dan harus dievaluasi setiap tahunnya, apakah kendaraan itu layak jalan atau tidak, nah ini banyak sekali PR nya,” katanya.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Depok, Edi Masturo yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, proses mutasi, rotasi dan promosi jabatan di lingkup Pemerintah Kota Depok telah sesuai mekanisme yang berlaku.

“Ini sesuai dengan komitmen, klasifikasi dan kualitas dari ASN. Ini bagian dari rencana pemerintah kota untuk bagaimana para ASN dapat bekerja secara maksimal dan lebih baik. Sesuai arahan dari Pak Wali dan Pak Wakil, yang belum baik harus lebih baik. Ini sudah sesuai dan proporsional,” tanggapnya.

Dalam kesempatan itu, walikota juga melantik ratusan eselon III dan eselon IV di lingkup Pemerintah Kota Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here