Siap-siap Mutasi

986
Mohammad Idris

Sawangan | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris memastikan akan melakukan mutasi, rotasi dan promosi jabatan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Depok. Rencananya, kegiatan itu akan dilakukan di minggu ini berbarengan dengan pelantikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok.

“Pelantikan Kadishub akan kami barengi dengan hasil tes calon camat, para camat ini nantinya akan menempati beberapa posisi. Ada beberapa camat yang direkomendasikan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk di Dinas Kependudukan, ada juga camat secara kopetensi dan hasil asesmen yang memiliki kopetensi sebagai tenaga auditor,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, beberapa camat untuk menempati posisi itu saat ini sedang dipetakan.

Selain camat, Idris juga akan melakukan mutasi, rotasi dan promosi jabatan kepada lurah yang ada di Kota Depok. Dikatakannya, untuk posisi lurah tidak hanya diambil dari yang telah lulus tes, akan tetapi juga ada rotasi.

“Rotasi ini kami lakukan karena ada pertimbangan kesehatan dan ada pula lurah yang kami promosikan. Namun itu tidak semua, karena memang penempatan untuk IIIa dan IIIb masih padat, mungkin akhir Agustus atau September ini baru akan ada pensiun dari eselon IIIa dan di Oktober ada eselon IIb yang akan pensiun,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, mutasi, rotasi dan promosi juga akan dilakukan kepada mantan pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan yang sebelumnya bertugas di 11 kecamatan dan diparkir di beberapa dinas.

“Kepala UPT yang parkir di dinas sebagian mereka dengan kemampuan kopetensinya dan hasil asesmennya kami akan angkat sebagai lurah, pengganti lurah-lurah yang kopetensinya dianggap kurang lebih tenaga-tenaga teknis, ada juga yang langsung masuk ke Dinas Pendidikan sesuai eselon nya, yang jelas tidak ada yang promosi,” katanya.

Dijelaskannya, di tahun ini ada sekitar tiga orang dari eselon II yang akan memasuki masa pensiun.

“Yang satu di akhir tahun, itu kan harus selesai pensiun dulu baru bisa dilakukan proses lelang. Selain itu masih ada juga antrean calon lurah yang telah lulus tes, namun ia belum cukup umur. Arahan dari KASN harus dicukupkan umur nya terlebih dahulu baru bisa dilantik menjadi lurah,” terangnya.

Lalu, sambungnya, ada beberapa eselon IIIa yang juga akan memasuki masa pensiun seperti Kabag Sosial, H Marjaya, Camat Sukmajaya, Taufan dan lainnya.

“Memang ada IIIa dan IIIb yang perlu digantikan, sehingga tahun ini secara umum kemungkinan akan terjadi mutasi dan rotasi sebanyak dua kali, di awal tahun dan akhir tahun,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here