Produk Industri Harus Berdaya Saing

149

Margonda | jurnaldepok.id
Sebuah produk perindustrian maupun perdagangan tidak hanya memiliki kualitas bagus melainkan harus punya daya saing dengan produk lain.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disperdagin Kota Depok, Kania Purwati. Ia mengatakan jika merujuk perdagangan dan perindustrian sebuah produk bukan hanya berkualitas, tapi juga berdaya saing.

“Berkualitas belum tentu ada pasar, makanya target kami produk yang beli banyak dan pasar luas. Kualitas saja belum tentu bisa mewujudkan itu. Agar bisa produk banyak pasar banyak perlu daya saing,” ujarnya kemarin.

Sementara itu, Kepala Bapedda Kota Depok Widyati Riyandani menambahkan permasalahan di Disperdagin lebih banyak pada basic data stok-stok bahan pangan.

“Jika kita bicara perdagangan ada yang dijual dan prioritas lebih ke bahan pangan. Jika harga tinggi maka ada kebijakan pemerintah untuk operasi pasar guna menekan harga di pasar, agar masyarakat terpenuhi kebutuhannya,” paparnya.

Terkait pengukuran inflasi, dapat dijaga dengan kestabilan harga. Pertama dengan mengetahui stok barang apapun dan harganya yang ada di sebuah kota.

Kedua, Depok dekat dengan Pasar Kramat Jati tapi harga di Depok relatif agak tinggi. Bicara transportasi, jarak antara Depok dengan Kramat Jati cukup dekat dan hal tersebut menjadi lebih kecil.

Maka, ketika disampaikan survei BPS bahwa masyarakat Depok lebih memilih beras premium dengan harga lebih tinggi membuktikan sebagian besar pendapatan masyarakat Depok tinggi.
Bicara kemiskinan di beberapa wilayah saja tidak semua.

“Tetapi operasi pasar tetap dilakukan di kalangan menengah ke bawah. Serta ada fokus koperasi pasar yang mendekati kalangan tersebut. Untuk mendukung mereka,” tandasnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here