Calon Kadishub Dites Kejiwaan

307
Salah seorang calon Kadishub tengah menjalani rangkaian tes kesehatan di RSUD Kota Depok

Sawangan | jurnaldepok.id
Lima orang calon Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok menjalani rangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok.

Kelima orang itu yakni Adhy Parayudha yang merupakan Sekretaris Diskominfo, Agung Sugih Arti, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan, Dadang Wihana, Kepala Kesbangpol, Utang Wardaya, Camat Pancoran Mas, dan Yudi Suparyadi, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, H Supian Suri mengatakan kelima peserta open bidding sudah lolos persyaratan yang diberikan.

“Di antara persyaratan itu yakni minimal sudah eselon III A, dengan masa kerja dua tahun dalam eselon III A tersebut, serta berusia maksimal 56 tahun dengan pendidikan minimal S1. Dari kelima calon Kadishub ini seluruhnya sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan, umur juga tidak ada yang lebih dari 56 tahun,” ujar Supian, Kamis (1/3/).

Ia menambahkan, panitia seleksi (Pansel) yang menyeleksi calon Kadishub terdiri dari lima orang yang terdiri dari dua orang akademisi UI, satu orang dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN), dan dua orang dari Pemkot Depok yakni Sekda dan dirinya selaku Kepala BKPSDM.

“Ditargetkan seluruh rangkaian seleksi terakhir pada Senin, 12 Maret 2018 dengan agenda wawancara Pansel dengan peserta lelang jabatan,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dari proses seleksi yang sudah dijadwalkan Senin sore (12/3) Pansel akan menyerahkan tiga nama yang direkomendasikan ke walikota.

“Selanjutnya sudah ranah Pak Wali, mana yang akan dipilih menjadi Kadishub Depok,” ungkapnya.

Tes kesehatan bagi para calon Kadishub itu dilakukan setelah mereka melewati seleksi administrasi dan uji kompetensi oleh Pusat Penelitian Science dan Teknologi (PPST) Universitas Indonesia (UI).

Sementara itu Direktur RSUD Depok, Asloe’ah Madjri mengatakan, 12 petugas RSUD Kota Depok membantu memeriksakan kesehatan berupa Medical Check Up (MCU) peserta seleksi rotasi/mutasi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama. Ke-12 orang petugas yang diturunkan itu sesuai dengan spesialisasi keilmuan di bidangnya masing-masing.

“Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada di kami, untuk pemeriksaan bagi jabatan tinggi pratama pasti dilakukan pemeriksaan kesehatan yang paling lengkap dan utama. Kami menurunkan petugas yang memang ahli di bidangnya, seperti para dokter spesialis,”jelasnya.

Ia menambahkan, MCU kali ini bertujuan untuk mengetahui kondisi jasmani dan rohani calon Kadishub Depok. Adapun tahapan tes kesehatan untuk menilai kondisi jasmani peserta meliputi, pengecekan tekanan darah (tensi), EKG, tes urine, rontgen, pemeriksaan umum fisik, pemeriksaan darah, dan tes narkoba.

Dirinya juga mengungkapkan selain pemeriksaan jasmani, peserta juga diperiksa rohaninya melalui tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI)–2. Dalam tes ini, peserta diharuskan menjawab sekitar 529 pertanyaan mendalam guna melihat kondisi kejiwaan dari para peserta seleksi.

“Hasil pemeriksaan hari ini akan kami serahkan langsung pada BKPSDM, kami hanya memberikan rekomendasi kesehatan jasmani dan rohani berdasarkan tes yang kami lakukan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here