KPU ‘Lucuti’ 4 Parpol

347
Suasana verifikasi faktual terhadap empat partai politik yang ada di Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Di hari pertama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok melakukan verifikasi faktual terhadap empat partai politik (parpol) yang ada di wilayah Depok. Keempat parpol itu di antaranya Gerindra, PPP, PKB dan PKPI.

“Jika dilihat dari perjalanan dan antusias serta input data kami yang memang hampir 2.600 pengurus sampai tingkat kelurahan, kami yakin partai kami akan lolos. Termasuk keterwakilan perempuan minimal 30 persen, jika dirasa masih kurang kami kembalikan berkasnya,” ujar Pradi Supriatna, Ketua DPC Gerindra Kota Depok, Selasa (30/1).

Dengan lolosnya verifikasi faktual, Gerindra mulai memanaskan mesin partainya untuk menuju pileg 2019. Tak hanya itu, Pradi juga menargetkan perolehan kursi Gerindra di DPRD Depok meningkat.

“Kami selalu rutin melakukan evaluasi, namun ketika melihat bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Jadi peluang dan kesempatan kami selalu berikan, kami di Gerindra ini merupakan keluarga besar,” paparnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekjen DPC PPP Kota Depok, Ma’mun Abdullah. Dirinya merasa yakin partainya lolos dalam verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU.

“Semua sudah siap dan lengkap, kami yakin 100 persen akan lolos verifikasi. Tidak ada kendala, semua anggota hadir begitu pun dengan keanggotaan,” tandasnya.

Terkait dengan jumlah kursi pada pileg 2019 mendatang, PPP menargetkan penambahan minimal tujuh kursi dari yang ada saat ini hanya empat kursi.

Sementara itu Sekretaris DPC PKB Kota Depok, Iwan Setiawan mengatakan verifikasi faktual di tingkat DPP dan DPW menjadi semangat bagi DPC PKB Kota Depok agar mampu lolos pula dalam tahapan verifikasi.

“Kami menyambut KPU dan Panwaslu untuk melakukan verifikasi faktual. Semua sudah siap dan memenuhi apa yang menjadi persyaratan,” katanya.

Untuk pileg 2019 mendatang, DPC PKB Kota Depok menargetkan satu kursi per satu dapil. Dengan begitu, PKB membidik enam kursi pada pileg 2019 mendatang.

“Verifikasi faktual ini sebagai semangat kami meskipun PKB di Depok tidak terlalu besar. Ini semangat kami untuk membangun kekuatan, kami yakin lolos,” ungkapnya.

Komisioner KPU Kota Depok Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Nurhadi mengatakan bahwa verifikasi faktual dilakukan sesuai PKPU Nomor 6 tahun 2018. Adapaun yang diverifikasi antara lain kepengurusan yang meliputi ketua, sekretaris dan bendahara. Memperhatikan 30 persen pengurus perempuan, verifikasi kantor dan keanggotaan.

“Keanggotaan dicocokkan dengan ada yang di Sipol dan diambil sample lima persen setiap partai. Dalam verifikasi itu, kami juga meminta secara fisik pengurus hadir agar dicocokkan dengan data yang telah masuk di Sipol,” terangnya.

Dikatakannya, verifikasi dilakukan mengikuti runutan dari pusat. Dengan begitu, jika ada parpol yang tidak divegrifikasi di tingkat pusat, maka verifikasi tidak dilakukan di tingkat kabupaten/kota

Untuk hari ini yakni Rabu (31/1), KPU akan melakukan verifikasi terhadap empat parpol di antaranya PKS, NasDem, PSI dan Hanura. Sementara pada Kamis (1/2), KPU akan melakukan verifikasi terhadap lima parpol yakni Golkar, PDI-P, Garuda, PAN dan Partai Demokrat. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here