13 Parpol Diverifikasi

219
Ahmad Arif

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Depok akan melakukan verifikasi faktual terhadap 13 partai politik yang ada di Depok. Verifikasi faktual akan dilakukan hari ini, Selasa (30/1) sampai Kamis (1/2).

“Verifikasi faktual kami lakukan baik terhadap parpol lama maupun yang baru, terutama parpol yang masih perlu adanya perbaikan. Kami sesuaikan jadwalnya dengan partai lama setelah putusan Mahkamah Konstitusi,” ujar Ahmad Arif, Komisioner KPU Kota Depok Divisi Hukum, Senin (29/1).

Sebelumnya pihaknya juga telah melakukan verifikasi faktual terhadap partai pendatang baru seperti Partai Berkarya, Perindo, Garuda dan PSI. Namun begitu, kata dia, jika ada parpol yang telah memenuhi syarakat maka tidak akan diverifikasi lagi, lain halnya jika masih ada partai yang butuh perbaikan maka akan dilibatkan kembali.

Dalam melakukan verifikasi, pihak KPU juga memberikan kesempatan bagi partai politik untuk melakukan perbaikan yang dimulai 3-5 Februari 2018. Setelah itu KPU akan melakukan verifikasi kembali pada 6 Februari 2018.

“Verifikasi meliputi kepengurusan, keterwakilan perempuan 30 persen pengurus, domisili kantor atau sekretariat tetap dan keanggotaan. Dalam masa verifikasi, jika pada tanggal yang telah ditetapkan ada parpol yang belum memenuhi syarat, kami membuka masa perbaikan dari 3-5 Februari 2018,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, verifikasi faktual akan dilakukan di masing-masing sekretariat parpol di Kota Depok. Dari itu, ia mengimbau kepada parpol yang telah mendapatkan jadwal verifikasi agar menyiapkan data-data yang diperlukan dalam tahapan verifkasi.

Untuk melakukan verifikasi faktual, pihaknya telah membentuk tim khusus yang dibagi menjadi 4-5 tim.

“Di hari pertama dan kedua ada empat parpol yang akan kami lakukan verifikasi. Sementara di hari ketiga ada lima parpol yang akan kami verifikasi. Mudah-mudahan tim kami cukup untuk melakukan verifikasi ke masing-masing parpol sesuai jadwal,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here