Perpustakaan Tambah 5.000 Judul Buku

324
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok bersama stafnya ketika membaca buku di Perpustakaan Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok bakal menambah 5.000 judul buku pada tahun 2018 ini. Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Siti Chaerijah Aurijah.

“Kami akan menambah 5.000 judul buku di tahun ini, begitu juga dengan buku digital (e-katalog,red) juga akan kami tambah karena kami telah memiliki aplikasi android,” ujar Siti kepada Jurnal Depok, Rabu (24/1).

Ia menambahkan, untuk judul buku yang ada hingga saat ini sebanyak 27 ribu judul buku ditambah dengan 55 buku digital. Dikatakannya, untuk penambahan 5.000 judul buku di tahun ini masih dibagi beberapa jenis buku.

“Tetap variatif seperti pengetahuan umum, sastra, ekonomi, pokoknya fiksi dan non fiksi. Kami juga utamakan buku untuk anak-anak,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama ini jumlah pengunjung perustakaan setiap harinya mencapai 75-100 orang. Dirinya meyakini jumlah pengunjung akan terus bertambah setiap harinya, terlebih dengan rencana penambahan 5.000 judul buku di tahun ini.

“Insha Allah akan terus bertambah. Bagi yang tidak bisa datang ke sini bisa melalui aplikasi yang telah kami siapkan,” ungkapnya didampingi Kabid Perpustakaan dan Kasi Pengolahan Bahan Perpustakaan.

Terkait minat baca, pihaknya juga akan melakukan survey minat baca untuk Kota Depok yang pada tahun-tahun sebelumnya belum pernah dilakukan. Dirinya berharap dengan dilakukan survey itu minat gemar membaca akan terus meningkat.

Dirinya merasa bersyukur Perda tersebut telah disetujui yang tak lain untuk penguatan bagi dinasnya, termasuk organisasi kemitraannya.

“Ada gerakan pemasyarakatan minat baca, kami juga akan coba launching organisasi ini yang mengikut sertakan partisipasi semua stake holder baik dunia pendidikan, usaha, pemerintah maupun akademisi. Semua akan kami libatkan, begitu juga dengan organisasi lainnya akan kami libatkan,” terangnya.

Dijelaskannya, belum lama ini pihaknya kedatangan dewan perpustakaan yang berkedudukan di Provinsi Jawa Barat. Rencananya di tahun ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota depok akan dilibatkan dalam program kegiatan yang dikelola oleh Perpusru.

“Untuk tahun ini dikelola langsung oleh Perpusnas, Alhamdulillah Depok menjadi salah satu sasarannya. Kami optimistis karena kami seiring sejalan dengan Depok Kota Layak Anak. Kami memfasilitasi sampai ke level RT/RW,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here