DP4 Capai 1,3 Juta

188
Petugas PPDP saat melakukan penyocokan dan penelitian di kediaman Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasbullah Rahmad

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mencatat Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk pemilihan Gubernur Jawa Barat di Kota Depok mencapai 1.306.386 jiwa.

“DP4 yang dikirim Kemendagri ke KPU RI kemudian disinkronisasi dengan DPT terakhir pilkada 2015 lalu rekap keseluruhannya mencapai 1.306.386. Jumlah itu terdiri dari laki-laki 648.840 dan perempunnya 657.596, jumlah itu nantinya bisa berkurang atau bertambah,” ujar Suwarna Wiryasumarta, Komisioner KPU Kota Depok Divisi Perencanaan Data dan Teknis, kemarin.

Ia mengatakan, jumlah tersebut telah disebar oleh PPDP dalam bentuk hard copy untuk kemudian di cocokan dan diteliti (Coklit) yang dimulai serempak pada akhir pekan kemarin.

“Jumlah itu kami pecah menjadi 3.300 TPS termasuk dua TPS di lembaga pemasyarakatan. Setelah dilakukan coklit ini nanti bisa ketahuan bertambah atau berkurang jumlah pemilihnya, karena ada yang meninggal, pindah maupun pemilih pemula. Namun kecenderungan bisa naik, berkurang juga mungkin saja,” paparnya.

Komisioner KPU Kota Depok Divisi Umum Keuangan dan Logistik, Nana Sobarna mengatakan setelah tahapan coklit selesai hasilnya diserahkan ke PPS di masing-masing kelurahan. Setelah itu diterbitkan daftar perubahan pemilih hasil pemutakhiran (DPPHP).

“Setelah itu direkap dari tanggal 10-16 Maret 2018, dan muncul lah DPS. DPS ini nantinya ditempel di masing-masing kelurahan sebagai informasi maupun tanggapan siapa yang belum terdaftar. Setelah itu baru muncul daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP), kemudian direkap dan muncul daftar pemilih tetap (DPT),” terangnya.

Adapun runutan pemutakhiran data pemilih seperti PPDP dimulai 20-18 Februari, DPPHP 19 Februari-4 Maret, DPPHP menjadi DPS 10 maret-16 Maret, Rekap DPS 13-19 April, setelah itu penetapan DPT.

“Kami berharap masyarakat terus pro aktif karena pemutakhiran data pemilih masih panjang. Dengan begitu nantinya akan dihasilkan data yang betul-betul akurat agar pelaksanaan pilgub nanti benar-benar berkualitas,” ungkapnya.

Sementara itu Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Depok, Nurhadi mengatakan pihaknya telah melakukan coklit serentak se Kota Depok pada 20 Januari kemarin.

“Rangkaian acara kami mulai dengan apel pagi bersama PPK se Kota Depok, kemudian di wilayah masing-masing PPS juga melaksanakan apel dengan PPDP,” jelasnya.

Dikatakannya ada beberapa tokoh masyarakat yang turut disambangi KPU mulai dari tokoh masyarakat, tokoh politik, artis, seniman maupun pejabat Negara. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here