300 Koperasi Belum RAT

176
Teguh Prajitno

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok, Teguh Prajitno mengatakan, hingga akhir Desember 2017 lalu sebanyak 300 koperasi belum menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT).

“Kami menargetkan tahun ini 125-150 koperasi menggelar RAT, mudah-mudah tercapi. Yang belum RAT mencapai 300an, yang sudah baru 100 dari total keseluruhan 400 koperasi yang aktif di Depok,” ujar Teguh kepada Jurnal Depok, kemarin.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, M Fitriawan menambahkan, pihaknya akan segera memanggil koperasi-koperasi yang tidak aktif dan belum menggelar RAT. Nantinya, kata dia, koperasi itu masuk daftar revitalisasi di dinasnya.

“Kami akan tanyakan kenapa sampai tidak aktif, berdasarkan pengalaman kami pada tahun lalu masing-masing koperasi memiliki masalah tersendiri seperti pengurusnya yang sudah uzur maupun pindah wilayah. Ini cukup menghambat pertumbuhan koperasi,” tandasnya.

Dikatakannya, ada sekitar 80 persen koperasi yang hingga kini belum melakukan RAT. Namun begitu, kata dia, koperasi yang belum melakukan RAT belum tentu tidak aktif. Dari itu pihaknya akan memastikan bagi koperasi yang aktif untuk melakukan RAT.

Lebih lanjut ia mengatakan, RAT merupakan media tertinggi terhadap pelaksanaan koperasi tahun sebelumnya. Selain itu, RAT juga sebagai media informasi bagi para anggotanya apa yang telah dilakukan oleh pengurus koperasi. RAT juga sebagai bentuk transparansi pengurus dalam menjalankan koperasi.

“Jika tiga kali berturut-turut koperasi tidak menggelar RAT maka akan kami lakukan investigasi, kami akan panggil dan pastikan kenapa tidak melakukan RAT, mereka harus melakukan. Jika tidak melakukan juga, kami akan usulkan ke kementerian untuk segera dibekukan,” katanya.

Dikatakannya, jumlah koperasi yang telah dibekukan hingga akhir tahun 2017 kemarin jumlahnya lumayan banyak. Namun begitu, Fitriawan enggan menyebut secara detail berapa banyak koperasi yang telah dibekukan. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here