Kadishub Mulai Dilelang

335
Proses mutasi yang dilakukan Pemerintah Kota Depok beberapa hari lalu, kini pemerintah tengah melakukan lelang jabatan untuk posisi Kepala Dinas Perhubungan

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok tengah mempersiapkan lelang jabatan (open biding) untuk posisi Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub), pasca ditinggal Gandara Budiana yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan.

“Untuk posisi yang kosong akan dilelang, saran dari KASN Kepala Dinas Perhubungan harus dilelang. Saat ini dalam proses, pansel akan melakukan proses pengumuman open biding di internal Pemkot Depok, namun secara aturan harus sampai tingkat provinsi, terbuka se Jawa Barat tidak se Indonesia,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, jika Dinas Perhubungan telah tersisi maka sudah selesai mutasi di tingkat eselon II. Terkecuali, kata dia, jika ada kepala dinas yang pensiun maka akan kembali dilakukan mutasi kembali.

“September akan ada kepala dinas yang pensiun, dr Lies Dinas Kesehatan pensiun, Herman Hidayat juga pensiun di Desember. Menurut BKN dan KASN tiga bulan sebelum masa pensiun sudah bisa dilelang,” paparnya.

Sementara untuk posisi sekretaris camat dan sekretaris dinas, baru akan dilakukan mutasi setelah hal itu berjalan, termasuk adanya masukan-masukan dari kepala dinas yang bersangkutan.

Dijelaskannya, untuk lelang Kepala Dinas Perhubungan paling cepat dua bulan. Setelah itu akan langsung diumumkan siapa yang nantinya akan menggantikan posisi Gandara.

“Paling cepat dua bulan baik pengumuman maupun prosesnya, nantinya akan ada Plt,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Idris juga akan mengembalikan 11 mantan kepala UPT Pendidikan yang telah dibubarkan pada 31 Desember silam sebagai jabatan eselon IV nya.

“Eselon IVa kan bisa sebagai lurah, bisa sebagai kepala seksi maupun Kasubag. Makanya kami parkir dulu di BKPSDM, nanti akan kami evaluasi. UPT kan pendidikan, kalau mereka ditempatkan di kesehatan cocok enggak?. Nanti kopetensi diuji lagi oleh Baperjakat. Kalau eselon III ke bawah Baperjakat cukup,” terangnya.

Dimutasinya Gandara ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan menjadi perbincangan hangat minggu ini. Pasalnya, ada beberapa anggapan yang menilai bahwa Gandara telah sukses dalam menerapkan Sistem Satu Arah (SSA) di beberapa titik jalan di kawasan Depok. Alhasil, kemacetan di beberapa titik jalan tersebut dapat diminimalisir.

Namun begitu baik mutasi, rotasi dan promosi jabatan merupakan hak penuh walikota. Walikota berhak menunjuk dan mengangkat seseorang pejabat yang dirasa mumpuni untuk membantu kinerjanya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here