Disdukcapil Raih ISO 9001:2008

226
Walikota -Wakil Walikota Depok menyaksikan langsung pemberian sertifikat ISO dari PT Tims kepada Kepala Disdukcapil Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok kembali menerima penghargaan. Di awal tahun 2018, Pemkot Depok melalui Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menerima penghargaan ISO 9001:2008 dari PT Tirta Murni Sertifikasi yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Bahkan perolehan penghargaan itu sudah kali keempat didapat Disdukcapil Kota Depok. Capaian tersebut lantaran pihaknya mempertahankan standar sistem manajemen mutu dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, dengan pencapaian sertifikat tersebut menunjukan Disdukcapil memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. ISO adalah sistem manajemen yang diakui dan digunakan banyak organisasi pemerintah dan perusahan bertaraf internasional.

“Disdukcapil telah mempertahankan sistem manajemen mutu selama empat kali. Dan tentunya harus dipertahankan serta lebih ditingkatkan pelayanan nya,”katanya.

Ia menambahkan keberhasilan meraih ISO ini merupakan salah satu bagian dari komitmen Perangkat Daerah di Depok. ISO dijadikan barometer dalam upaya meningkatkan pelayanan.

“Sejak 2015 Disdukcapil menerapkan ISO 9001 versi 2008 maka terjadi perubahan kinerja aparat. Misalnya pelayanan akta pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk dapat diselesaikan lebih cepat,” jelasnya.

Dia mengutarakan pemerintah akan terus meningkatkan kualitas pelayanan terbaik kepada masyarakat dan mewujudkan kinerja pemerintahan yang bersih dan transparan.

Ia menerangkan jenis pelayanan yang dinilai baik terdiri dari dua bidang. Antara lain jenis kependudukan dan catatan sipil. Dalam bidang kependudukan meliputi pelayanan kartu keluarga, KTP, surat pindah.

Sedangkan dalam bidang catatan sipil meliputi penertiban akta seperti akta kelahiran, akta kematian, akta perkawinan dan akta perceraian.nNur Komalasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here