Pemisahan Jalur Disambut Positif

177

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok terus berupaya mengatasi kemacetan. Setelah diberlakukan sistem satu arah (SSA) di Jalan Dewi Sartika dan Arif Rahman Hakim (ARH) kini terobosan yang dilakukan adalah pemisahan jalur cepat dan lambat di ruas Margonda.

Untuk roda dua dan angkutan umum melintas di jalur kiri. Sedangkan roda empat pribadi di jalur kanan. Sehingga arus lalulintas menjadi lebih teratur.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, agar pengendara mengetahui sistem ini maka pihaknya telah memasang sejumlah rambu dan marka. Sehingga tidak adalagi alasan pengendara tidak tahu adanya sistem ini. “Sudah kita pasang rambu dan marka jalan. Ini diberlakukan untuk kelancaran arus lalulintas,” katanya.

Di sisi lain pihaknya juga terus melakukan penertiban terhadap kendaraan yang terparkir di bahu jalan. “Jadi yang parkir dibahu jalan kita tertibkan sehingga tidak mengganggu arus lalulintas untuk jalur lambat,” tukasnya

Pemberlakuan pemisahan jalur ini efektif diterapkan pada Februari mendatang. Saat ini, kepolisian dan dinas terkait sedang melakukan sosialisasi. Sehingga awal bulan nanti sistem ini bisa efektif diterapkan. “Ini untuk mengatasi kemacetan di Margonda. Jalur yang bisa dipergunakan motor dan angkot adalah sebelah kiri,” kata Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo.

Untuk saat ini masih dilakukan sosialisasi pada pengendara motor. Tapi pada Februari mendatang, jika ada yang menerobos akan ditindak. “Saat ini masih ujicoba. Penindakan dilakukan Februari nanti,” tukasnya.

Diimbau pada pengendara jalan untuk menaati aturan tersebut. Mengingat kelancaran arus lalulintas diperlukan seluruh pengendara yang melintas di Margonda. “Jadi diimbau untuk tertib dengan mengikuti arahan yang sudah ada,” pungkasnya.

Pemisahan jalur tersebut disambut positif warga, salah satunya Mardiana. Dirinya menilai pemberlakuan itu berharap mampu mengurai kemacetan.

“Ya semoga dengan adanya pemisahan ini, kemacetan yang kerap terjadi di Depok seperti Margonda Raya bisa teratasi. Kita harus berpikir positif dulu, saya yakin bisa bantu urai kemacetan,” kata warga Beji tersebut.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here