Tingkat Partisipasi Pemilih Diklaim Meningkat

106
Ahmad Heryawan

Bojongsari | jurnaldepok.id
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan mengaku tingkat partisipasi pemilih di Pilkada Jabar meningkat. Klaim tersebut berdasarkan perbandingan saat dirinya sebelum menjabat sebagai orang nomor satu di Jabar sebesar 49 persen tingkat partisipasi pemilih.

Namun, lanjutnya, setelah dirinya menjabat selama dua periode atau 10 tahun sebanyak 83 persen.

“Kalau data partisipasi pemilih di Pilkada Jabar rinciannya ada di KPU. Cuma, hitungannya dari Indonesia merdeka sampai sebelum saya menjabat tingkat partisipasi pemilih 49 persen. Setelah saya memimpin Jabar, tingkat partisipasi pemilih ada progressnya menjadi 83 persen,”ujar Aher kepada Jurnal Depok, Kamis (11/1).

Aher menuturkan, dengan peningkatan partisipasi pemilih tersebut juga menunjukkan tingkat demokrasi di Jabar juga meningkat. Hanya saja, dirinya juga berharap dengan meningkatnya demokrasi di Jabar juga meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap kesejahteraan masyarakat juga meningkat,”harapnya.

Aher juga berpesan kepada pasangan calon yang ingin maju di Pilkada Jabar agar menghadirkan proses pemilihan secara demokratis. Jangan sampai, lanjutnya, proses pemilihan yang jauh dari intimidasi, kriminalisasi politik. Selain itu, calon Gubernur Jabar juga mengajarkan proses politik yang baik pada masyarakat.

“Nanti akan memimpin Jabar selama lima tahun mendatang dan menggantikan Aher,”tandasnya.

Saat ditanya selepas menjabat sebagai Gubernur Jabar, Aher apakah menjadi Capres atau Cawapres RI. Ia mengaku lebih memilih menyelesaikan tugasnya.

“Saya akan menyelesaikan tugas sebagai Gubernur Jabar sampai akhir masa jabatan,”pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here