Aher Tebar 2,5 Juta Benih Ikan

322
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan didampingi pejabat provinsi dan Kota Depok saat melepas 2,5 juta benih ikan di Situ Pengasinan, Kecamatan Sawangan.

Sawangan | jurnaldepok.id
Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menebar 2,5 juta benih ikan dari berbagai jenis di Situ Pengasinan, Sawangan. Bantuan benih tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang nantinya akan disebar di perairan terbuka di wilayah Depok.

“Kami memiliki program yang telah berjalan kurang lebih empat tahun untuk menebar ikan di perairan umum, di beberapa daerah telah kami lakukan, kami baru sempat mampir ke Depok di tahun ini,” ujar Aher, sapaan akrab dari Ahmad Heryawan kepada Jurnal Depok, Kamis (11/1).

Benih ikan yang telah disebar di antaranya di Waduk Jati Luhur, Waduk Jati Gede, Cirata, Saguling, setu termasuk di sungai. Pada 2017 lalu, benih ikan yang telah ditebar mencapai 51 juta dan ditargetkan hingga akhir tahun ini mencapai 70 juta.

“Kami memiliki tempat pembenihan sendiri, kami rasa bagus jika di Depok juga memiliki pembenihan untuk dikembangkan baik ke masyarakat maupun ke perairan terbuka. Dampaknya akan sangat positif karena air bisa semakin bersih karena ikan juga memiliki fungsi untuk membersihkan air,” paparnya.

Lebih lanjut ia bercerita, benih ikan yang ditebar satu atau dua tahun silam di beberapa waduk, kini beratnya ada yang mencapai 12-15kg.

Tak hanya menebar benih ikan, Aher juga concern terhadap revitalisasi setu di Jawa Barat khususnya di Kota Depok. Ia juga sempat menyoroti kasus setu yang hilang dan secara aturan harus difungsikan kembali bukan diputihkan.

“Alhamdulillah setu di Depok beberapa telah direvitalisasi, mudah-mudahan provinsi juga akan ikut mempercepat revitalisasi dengan bantuan keuangan,” terangnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok, Farah Mulyati mengaku bersyukur atas bantuan 2,5 juta benih ikan untuk perairan terbuka di Kota Depok.

“Tentu kami bersyukur atas bantuan benih ini, jika sudah besar nanti ikannya bisa dikonsumsi oleh masyarakat Depok untuk menambah kecukupan protein,” tandasnya.

Rencananya, bibit ikan itu akan ditebar di beberapa titik perairan terbuka seperti di Setu Pulo, Setu Cilodong dan perairan yang memiliki lingkungan serta Ph yang bagus.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan SDA, sungai mana saja yang dapat ditebar ikannya, karena mereka juga memiliki program normalisasi, nah yang sudah dinormalisasi kami akan tebar benih. Ini pembenihan dari provinsi tepatnya Dinas Kelautan dan Perikanan,” ungkapnya.

Acara tebar benih itu diikuti juga oleh pejabat Provinsi Jawa Barat seperti Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Sosial. Sementara pejabat Pemkot Depok yang mendampingi yakni Staf Ahli Ekonomi Pembangunan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Anggota DPRD Kota Depok.

Adapun jenis benih ikan yang ditebar di antaranya Nila, Nilem, Mas, Tawes, Bandeng, Grasscarp, Lalawat dan Udang Galah. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here