Belasan Anggota DPRD Alpa

243
Terlihat kosong beberapa kursi anggota dewan di ruang rapat paripurna DPRD Depok, kemarin

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Rapat Paripurna DPRD Kota Depok di awal tahun 2018 diwarnai dengan ketidak hadiran belasan anggota dan unsur pimpinan DPRD Kota Depok. Hal tersebut mendapat sorotan tajam dari Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Kota Depok.

“Dalam paripurna sebelumnya kami telah sampaikan kepada BKD. Nanti akan kami panggil para ketua fraksinya masing-masing untuk menyadarkan mereka atas tanggungjawab mereka,” ujar Hermanto, Wakil Ketua BKD DPRD Kota Depok, Rabu (3/1).

Apabila ketua fraksi sudah dipanggil, sambungnya, namun anggota dewan masih melakukan hal yang sama, pihaknya akan memanggil secara langsung anggota dewan yang bersangkutan. Dikatakannya, bahwa anggota dewan yang bertugas di bahwah kendali masing-masing fraksi.

Hermanto juga menyayangkan sikap anggota dewan yang jarang hadir dalam paripurna, sementara saat ini gaji dan tunjangan mereka telah mengalami kenaikkan.

“Itulah (kinerja,red) yang kami nanti, biar mereka sadar dan tahu antara hak dan kewajiban mereka. Jangan menuntut hak saja, tapi kewajibannya tidak dipenuhi. Kalau ada rasa tanggungjawab hal ini tidak mungkin terjadi,” paparnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Depok, M Supariyono yang kemarin memimpin Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang ke 2 Tahun Sidang 2017-2018 mengatakan, ada beberapa anggota dewan yang saat ini masih cuti ibadah umroh dan ada pula yang izin menjenguk orang tua nya karena sakit di kampung.

“Untuk yang tidak ada keterangan apalagi sudah beberapa kali, kami berharap BKD bisa menindak lanjuti itu,” tandasnya.

Dengan bertambahnya pendapatan para anggota dewan, Supariyono menilai seharusnya para anggota dewan dapat meningkatkan kinerjanya.

“Minimal kehadiran dalam setiap kali sidang paripurna. Kami minta BKD untuk mengecek siapa yang tingkat ketidak hadirannya paling banyak dan tanpa keterangan,” ungkapnya.

Rapat paripurna yang dihadiri oleh Wakil Walikota, Pradi Supriatna, Sekretaris Daerah, kepala OPD dan Forkopimda hanya dihadiri kurang lebih 35 anggota dewan dari keseluruhan berjumlah 50 anggota dewan. Sementara sisanya 15 anggota dewan tidak hadir, ada yang izin dan banyak pula yang tanpa keterangan. n Rahmat Tarmuji

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here