Baznas Gelontorkan Rp 500 Juta

214

Bojongsari | jurnaldepok.id
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menggelontorkan Rp 500 juta lebih untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat Kota Depok. Hal itu dikatakan langsung oleh Ketua Baznas Kota Depok, KH Encep Hidayat.

“Kami gelontorkan Rp 500 juta untuk komunitas pemberdayaan ekonomi. Kami ingin kerjasamanya dengan komunitas agar memudahkan pendampingan dan sebagainya, karena personel kami sedikit, maka pendampingannya dilakukan oleh komunitas tersebut,” ujar Encep kepada Jurnal Depok, Rabu (27/12).

Sedikitnya ada lima organisasi yang mendapatkan bantuan tersebut seperti Fatayat, Salimah, Aisyiah dan dua unit koperasi.

“Kami berharap dengan bantuan itu ekonomi mereka terangkat dan status mereka bukan lagi mustahik akan tetapi muzaki. Kami juga berupaya membangun sinergi dengan organisasi keagamaan,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, anggaran bantuan pemberdayaan ekonomi yang digelontorkan tersebut berasal dari dana zakat dan infak.

“Dana zakat dari Januari-Desember ini yang berhasil kami himpun mencapai Rp 1,7 miliar dan infak mencapai Rp 592 juta. Sumber zakat dari ASN saat ini mencapai Rp 250 juta per bulan, kami menargetkan Rp 1 miliar per bulannya,” ungkapnya.

Pernyataan tersebut dikatakan Encep di sela-sela acara Gebyar Pemberdayaan Ekonomi Ummat Baznas Kota Depok di wilayah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari. Dalam kesempatan itu, Baznas yang bekerjasama dengan Kodim 0508 Depok menyerahkan kunci pembangunan kios milik Ibu Sadiyah yang telah rampung dikerjakan.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangun kota melalui pemberdayaan masyarakat miskin di Depok.

“Kedepannya harus ada MoU antara BMT, LAZ, se-Kota Depok bersama Baznas yang disaksikan oleh walikota, agar penyaluran dan pemungutan zakat bisa efektif di berbagai wilayah, Baznas bisa turut berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan di Depok,” tandasnya.

Dandim 0508 Depok, Letkol Inf R Moch Iskandarmanto mengatakan pihaknya bekerjasama untuk membangun kios milik Sadiyah. Di mana, anggaran pembangunan dibiayai oleh Baznas dan pihak Kodim membantu dengan tenaga.

“Semuanya dari Babinsa. Ini wujud kepedulian kami, saat ini memang kami bekerjasama dengan Baznas untuk kegiatan kemanusiaan seperti ini. Kami koordinasi juga dengan Danramil Sawangan, pengerjaan kurang lebih satu bulan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ke depan pihaknya bersama Baznas juga telah melakukan inventarisasi rumah milik warga yang layak dibantu untuk direnovasi di titik berbeda. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here