KPP MUI Peringati Hari Ibu

217
Hj Elly Farida saat mengisi seminar dalam rangka memeringati Hari Ibu di Gedung MUI Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemberdayaan Perempuan (KPP) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok turut memperingati Hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember dengan menggelar seminar yang bertajuk “Peran Majelis Ta’lim dalam Mengokohkan Ketahanan Keluarga”.

Ketua KPP MUI Kota Depok, Bunda Elly Farida mengungkapkan majelis taklim merupakan salah satu wahana efektif untuk meningkatkan nilai-nilai religius dan pemahaman Islam masyarakat khususnya bagi para ibu.

“Majelis taklim juga memiliki peran yang signifikan dalam menegakkan amal ma’ruf nahi munkar, serta penyebaran nilai-nilai kebaikan. Bahwa masalah keluarga merupakan hal yang diatur dalam Islam secara menyeluruh dalan Quran dan Sunnah,” ujar Elly dalam seminar yang digelar di Gedung MUI Kota Depok, kemarin.

Ia menjelaskan, keluarga memiliki tanggungjawab dalam pendidikan dan pengasuhan anak. Sementara ibu merupakan madrasah bagi anaknya. Ketahanan spiritual dan ketahanan psikologis merupakan bagian dari ketahanan keluarga. Majelis taklim memiliki posisi strategis untuk ikut ambil bagian dalam mengokohkan ketahanan keluarga.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa menjadi penting dalam giat atau aktivitas majelis taklim untuk mengangkat tema tentang keluarga, termasuk diantaranya yang berkaitan dengan ketahanan keluarga.

Salah satu sasaran pembangunan Kota Depok adalah terwujudnya kota yang ramah keluarga. Hal ini telah tertuang secara legal pada Perda Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD 2016-2021) dan Perda Peningkatan Ketahanan Keluarga.

“Dalam rangka mewujudkan kota yang ramah keluarga, pemerintah harus bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, diantaranya dengan majelis taklim,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here