Syaikhu Yakin PAN Usung Dirinya

196
Ahmad Syaikhu (samping batik biru) saat bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan agama di wilayah Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan.

Sawangan | jurnaldepok.id
Calon Wakil Gubernur Jawa Barat yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ahmad Syaikhu optimistis jika Partai Amanat Nasional (PAN) akan ikut mengusung dirinya untuk maju di Pilgub Jabar.

“Insha Allah PAN juga akan mengusung kami, karena dari sisi komunikasi baik. Kami memahami PAN memiliki proses di internal bahwa itu harus dibicarakan mulai dari tingkat DPD, DPW dan DPP. Semua proses itu sedang dijalani, kami yakin mudah-mudahan dukungan itu diberikan terhadap kami,” ujar Syaikhu kepada Jurnal Depok, Rabu (13/12).

Ia menambahkan, bahwa saat ini masih dalam proses pengerucutan yang terdiri dari empat partai yakni PKS, Demokrat, PAN dan Gerindra. Dengan asumsi empat partai, maka untuk mengusung dirinya dan Demiz lebih dari cukup. Di mana, dengan empat partai sudah 37 kursi di DPRD Provinsi Jawa Barat dan mampu memberikan kemenangan meskipun itu harus head to head.

“Kami berharap proses di internal PAN dapat dilalui sehingga mengerucut pilihan untuk mengusung kami,” paparnya.

Menanggapi keputusan Partai Gerindra yang secara resmi mengusung Mayjen TNI Pur Sudrajat, Syaikhu menilai bahwa hal itu masih dalam satu proses.

“Sejak awal kami bersama Pak Habib Salim dan Deddy Mizwar dipanggil Pak Prabowo, bahwa ia mengatakan akan mengusung Demiz-Syaikhu. Meskipun dalam prosesnya ada tarik ulur dukungan. Kami sangat yakin pada akhirnya nanti ditemukan titik temu, titik itulah yang nanti ada keseimbangan bagi empat partai ini menjalin koalisi,” harapnya.

Meski begitu, Syaikhu yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Walikota Bekasi tidak bisa mengklaim dan memastikan saat ini bahwa Partai Gerindra akan bergabung dalam Koalisi Zaman Now.

Begitu juga, kata dia, proses tawar-menawar di empat partai ini sedang diusahakan. Dirinya juga tak mau ikut campur terkait dengan Partai Gerindra yang akhirnya mengusung calon lain ketimbang dirinya dan Demiz.

Pernyataan tersebut diungkapkan Syaikhu saat melakukan silaturahmi politik kebeberapa tokoh masyarakat, tokoh agama, komunitas dan organisasi yang ada di Depok.

Salah seorang tokoh masyarakat Sawangan, H Matridi menyambut baik atas silaturahmi yang dilakukan Syaikhu.

“Ini baru sebatas silaturahmi belum pada suatu kesepakatan. Kami menyambut baik komunikasi politik yang dilakukan Pak Syaikhu, ini cara yang elegan,” ungkap Matridi.

Hal senada juga dikatakan oleh tokoh masyarakat Sawangan, H Mustopa. Dirinya mengaku siap jika pada akhirnya nanti harus mendukung pasangan Demiz-Syaikhu.

“Komposisinya bagus ada PKS, Demokrat, PAN dan Gerindra yang nanti Insha Allah dapat bergabung. Tentu sebagai tim pemenangan dari Idris-Pradi pada pilkada 2015 lalu, kami pun siap meneruskan perjuangan untuk mendukung pasangan Demiz-Syaikhu,” tandasnya.

Setelah bersilaturahmi dengan tokoh agama dan masyarakat di wilayah Kelurahan Sawangan, Syaikhu kemudian bergeser ke Kelurahan Pengasinan. Di sana dirinya telah dinanti oleh para komunitas lingkungan, organisasi kepemudaan dan LSM.

“Tetap concern kami tak lain mendukung cagub-cawagub yang cinta terhadap lingkungan. Karena bagaimana pun masyarakat, lingkungan dan alam ini merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan,” ungkap Heri Saepudin Blangkon, Koordinator Komunitas Hijau Kota Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here