Walikota ‘Ngecrek’ Sumbangan Bencana

177
Walikota Depok, Mohammad Idris didampingi Ketua TP PKK dan Tagana Kota Depok saat menggalang bantuan dana kepada ASN untuk korban bencana di wilayah Indonesia

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris turun langsung menggalang bantuan dana kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk korban bencana di berbagai wilayah Indonesia. Hal tersebut dilakukannya sesaat setelah menggelar apel pagi di Halaman Balaikota Depok.

“Kami memang memiliki kas untuk penanggulangan bencana nasional, itu sudah lama. Dahulu pernah ada penggalangan dana yang sifatnya persiapan untuk bencana, dan sekarang ada bencana maka akan kami gabung dengn hasil penggalangan dana yang sekarang,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Senin (4/12).

Ia mengatakan, untuk tingkat nasional saat ini banyak wilayah-wilayah yang terkena bencana. Untuk menyalurkan bantuan itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan BNPB.

“BNPB lah yang tahu mana titik-titik yang menjadi prioritas untuk disalurkan bantuan dana itu. Kami khawatir jika tidak koordinasi dengan BNPB akan terjadi penumpukan,” paparnya.

Idris menambahkan, beberapa waktu lalu pihaknya telah mengeluarkan surat edaran terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, puting beliung dan lainnya, khususnya di Kota Depok.

Antara lain yang diampaikan dalam edaran tersebut, pertama selaku Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana, diharapkan terus melakukan kesiapsiagaan untuk terus aktif berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait, Satlak penanggulangan bencana.

“Jadi ada beberapa dinas yang terkait dalam hal penanggulangan bencana baik bantuan logistik maupun bantuan lainnya, termasuk perbaikan fasilitas publik akibat bencana ini. Selanjutnya tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah di tempatnya serta menggiatkan kerjabakti membersihkan lingkungan sekitar. Ini beberapa hal terkait kesiapsiagaan kita menghadapi bencana,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Idris juga mengimbau kepada seluruh ASN di lingkungannya masing-masing agar memiliki perhatian dan bisa mensosialisasi edaran itu serta selalu mewujudkan kebersamaan, gotong royong untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang mungkin terjadi di wilayah Kota Depok.

“Kita doakan untuk saudara-saudara kita di tanah air semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Bijaksana, Yang Maha Pengasih, Penyayang segera mengangkat kesulitan mereka dan segera mengganti atas kesabaran dan ketabahan mereka, sesuatu yang hilang dari kehidupan ini, mengganti dengan sesuatu yang lebih baik,” harapnya.

Dalam penggalangan dana tersebut terkumpul uang sebesar Rp 29.033.700. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here