Jaga Keutuhan Setu

195

Cimanggis | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporyata) kembali menggelar acara Festival Perahu Naga ketegori Umum dan Pelajar. Setelah dua tahun berturut-turut sebelumnya, kegiatan serupa diselenggarakan di Setu Rawa Besar, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoranmas, kemarin giliran Setu Pedongkelan, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis yang menjadi tuan rumah.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang membuka langsung acara tersebut mengungkapkan setu merupakan asset yang harus dijaga. Tren berkurangnya luas setu menjadi salah satu perhatian khusus pemerintah.

“Selain perawatan kebersihan, dan penataan ekosistemnya. Kehadiran beberapa ekspatriat yang berpartisipasi dari Kanada, Filipina, Singapura dan Australia menjadi bukti acara yang memanfaatkan keberadaan setu ini menjadi daya tarik tersendiri,” ujar Idris, kemarin.

Terlebih, kata dia, Depok dikenal memiliki atlet potensial dayung yang memiliki rekam jejak prestasi taraf internasional.

“Rekan saya di Australia, bahkan menyampaikan Kota Depok luar biasa dan dikenal lewat reputasi atlet dayungnya,” paparnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD sekaligus Pembina PODSI Kota Depok, Yeti Wulandari mengatakan keberpihakan pemerintah dalam pengembangan atlet dayung, salah satunya selain melalui penetrasi anggaran pembinaan, juga melalui optimalisasi sumber daya yang ada, seperti setu-setu yang ada di Kota Depok.

“Dalam hal ini, PODSI siap bersinergi dalam pemanfaaatan setu menjadi destinasi wisata, maupun sebagai stimulan fasilitator bersama-sama masyarakat sekitar, terkait konservasi dan kebersihan setu,” tandasnya.

Pasca acara itu, sambungnya, pihaknya akan menggandeng dinas terkait untuk kerja bakti bersama Pokdarwis membersihkan Setu Pedongkelan.

“Kepada atlet, selamat bertanding dan junjung tinggi sportifitas,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut juga ditampilkan kesenian seperti Barongsai, Tari Topeng serta Marawis. Hadir dalam acara itu Kadisporyata Kota Depok, Agus Suherman, Kadiskominfo, Ketua PODSI, Sariyo Sabani, Camat Cimanggis, Lurah Tugu, Danramil Cimanggis, Kapolsek Cimanggis, Pokdarwis Pedongkelan serta LPM dan pengurus RT dan RW di lingkungan Kecamatan Cimanggis.

Turut berpartisipasi dalam acara tersebut dua atlet yang sukses mengharumkan nama Indonesia melalui Medali Emas Asian Games Guang Zhou, Tiongkok beberapa tahun lalu, yang memperkuat PODSI Kota Bekasi, Yakni Asnawir.

Sementara itu Juara Pertama dalam Festival Perahu Naga 2017 Kategori Open diraih oleh PODSI Bekasi, Team Dayung Kecamatan Cilodong di posisi kedua dan Tim Dayung Koarmabar diperingkat ketiga. Atas prestasi tersebut mereka berhak mendapatkan uang pembinaan dan trophy. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here