Hore…Depok Punya Balatkop

575

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Para pelaku koperasi dan UMKM di Kota Depok boleh berbangga hati, pasalnya saat ini Pemerintah Kota Depok telah menyiapkan wadah berupa Balai Latihan Koperasi (Balatkop) yang berada di wilayah Kecamatan Sukmajaya persisnya di depan Polsek Sukmajaya.

“Tujuan Balatkop ini tak lain untuk mengembangkan dan membina perkoperasian di Kota Depok. Bangunan ini terdiri dari dua lantai, lantai bawah untuk gerai dan lantai atas untuk seminar dan pelatihan,” ujar HM Fitriawan, Kepala DKUM Kota Depok, Rabu (22/11).

Ia menambahkan, dalam gedung tersebut juga terdapat ruang Sekretariat Dinas Koperasi, Dekopinda serta ruang rapat. Dikatakannya, fungsi utama dari Gedung Balatkop ialah untuk pendidikan dan pelatihan bagi insan perkoperasian.

“Dengan begitu diharapkan kapasitas dan kualitas dari SDM koperasi yang ada di Kota Depok meningkat. Kami menyadari kualitas SDM menjadi kunci utama dalam pengembangan koperasi. Nantinya digedung ini juga akan kami lakukan pelatihan, seminar dan pendidikan,” paparnya.

Dijelaskannya, bahwa saat ini koperasi yang ada di Depok sebanyak 679 dengan jumlah anggota lebih dari 60 ribu. Pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap anggota koperasi yang maih aktif di Depok.

Selain berfungsi untuk pendidikan dan pelatihan anggota koperasi, Balatkop juga dapat dipergunakan oleh pelaku UMKM yang ada di Depok. Pihaknya juga bekerjasama dengan Dekopinda Kota Depok untuk mengembangkan Balatkop tersebut.

Walikota Depok, Mohammad Idris yang melakukan pemotongan tumpeng sebagai tanda dipergunakannya gedung itu berharap kehadiran Balatkop bisa menjadi media dan sarana untuk meningkatkan kualitas kerja khususnya dibidang perkoperasian.

Lebih lanjut ia mengatakan, koperasi sangat penting dalam kehidupan bangsa. Karakter koperasi, kata dia, sangat sesuai dengan karakter bangsa yang mengedepankan gotong royong terlebih di bidang ekonomi.

“Semoga Balatkop bisa menjadi sarana untuk pembinaan dan pengembangan koperasi di Kota Depok,” tutur Idris.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kota Depok, H Teguh Prajitno merasa bersyukur atas berdirinya Gedung Balatkop di Kota Depok. Ia juga mengapresiasi pemerintah kota yang telah menyediakan wadah bagi para pelaku koperasi.

“Tentu kami senang dikasih fasilitas seperti ini, terlebih untuk kegiatan pelatihan maupun rapat. Kami berupaya untuk menjaga dan memajukan koperasi di Kota Depok melalui Balatkop ini,” tandasnya.

Dikatakannya, bahwa Dekopinda akan menjadwalkan secara rutin pelatihan bagi para anggota koperasi yang ada di Depok, agar tidak ada lagi koperasi yang salah arah.

“Kami di sini akan mengembangkan SDM perkoperasian, kalau bisa nanti SDM nya akan kami salurkan ke wilayah-wilayah di Indonesia. Ini tempat penggodokan kopetensi anggota koperasi. Kami apresiasi pemerintah kota yang telah memberikan fasilitas ini,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here