Sah, Hardiono!

221

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohamad Idris secara resmi melantik Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Hardiono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok. Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Pejabat BKPSDM Jawa Barat dan Depok, Ketua Komisi A DPRD Depok, Dandim 0508 dan kepala OPD.

“Ini sudah melalui mekanisme dan prosedurnya dicermati, dievaluasi oleh gubernur dan Komisi ASN. Alhamdulillah berkas maupun BAP nya lengkap, mereka merekomendasi atas usulan. Kami mengusulkan berdasarkan urutan poin yang dinilai oleh pansel,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Selasa (21/11).

Ia menambahkan, dari tiga orang yang diajukan ke gubernur dan Komisi ASN memiliki kualitas yang sama dari sisi kemasyarakatan, keperibadian, keterampilan dan pengetahuannya. Namun begitu, Idris telah menentukan dan memilih untuk mengambil nilai yang tertinggi.

Idris berharap, ke depan sekda di bawah nahkoda Hardiono mampu melakukan koordinasi yang kuat di internal kepada kepala dinas yang dimediasi melalui asisten.

“Asisten ini kan kalau di pemerintah pusat itu Menko, jadi asisten inilah yang mengkoordinasi beberapa dinas di bawah ke asistennannya yang semua itu di bawah kontrol sekda. Secara eksternal, sekda memiliki tugas-tugas yang diamanahkan oleh walikota,” paparnya.

Dalam kesempatan itu, walikota juga melantik belasan ASN yang dimutasi, rotasi maupun promosi jabatan.

“Ini untuk mengisi kekosongan lurah, karena dalam menempatkan orang tidak seperti menempatkan barang. Misalnya mereka lulus dalam asesmen evaluasi lurah, namun ketika kami mau tempatkan sedikit ada masalah antara karakter lurah dengan tabiat masyarakatnya. Dari itu kami tukar dan berikan kepada yang lebih tepat,” terangnya.

Ketua Komisi A DPRD Kota Depok, H Nurhasim memberikan pesan khusus kepada Sekda Kota Depok, Hardiono yang baru saja dilantik. Ia mengatakan, agar Hardiono dapat menjalankan tugas sebaik mungkin.

“Jalankan tugas sesuai atauran dan Undang-Undang, sekda harus bekerjakeras dan bersinergi dengan DPRD serta membangun kerjasama dengan OPD, karena tugas OPD ini berat,” ungkapnya.

Dikatakan Nurhasim, bahwa dalam proses lelang maupun seleksi Sekda Kota Depok pihaknya dalam hal ini DPRD tidak mau ikut campur.

“Tidak ada itu yang namanya intervensi dari kami, semua kami serahkan ke walikota yang memiliki kewenangan untuk itu,” katanya.

Dalam kesempatan itu walikota juga melantik beberapa pejabat yang dimutasi, rotasi dan promosi jabatan seperti halnya Sumarna yang saat ini menjabat Sekcam Cilodong, Jamhurobi sebagai Lurah Bedahan, Cucu Suardi, Lurah Sawangan Baru, Anjar Herwanto sebagai Sekretaris Kelurahan Pancoran Mas. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here