Minggu Ini Sekda Dilantik

211
Walikota-wakil walikota Depok bersama kepala OPD, Forkopimda dan elemen masyarakat mengayuh sepeda saat hendak melakukan ziarah ke TMP Kalimulya bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November kemarin

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris telah memberi sinyal pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok akan dilakukan di minggu ini. Terlebih, pihaknya telah mendapatkan jawaban secara lisan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Belum ada secara resmi (dari KASN,red) namun lisan katanya sudah ada, lisannya itu sudah merestui. Jadi kami siap-siap pekan depan (minggu ini,red) kami arahkan untuk pelantikan sekda yang sudah definitive dari KASN, surat resminya masih kami tunggu,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, yang telah direkomendasi oleh KASN adalah proses seleksi sekda sudah selesai dan sudah on the track.

“Itu yang telah disurati ke kami, dan mempersilahkan walikota untuk menentukan satu dari tiga orang yang nantinya bakal dilantik, yang ada adalah susunan dengan urutan satu, dua dan tiga,” paparnya.

Dijelaskannya, bahwa putusan itu nantinya ada surat keputusan (SK) dan ditandatangani untuk menentukan satu orang yang terpilih menjadi sekda.

Sebelumnya Idris mengakui bahwa Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan telah menyerahkan sepenuhnya kepada dirinya untuk memilih salah satu dari tiga nama yang diusulkan ke gubernur.

“Gubernur telah menyetujui proses yang dilakukan oleh walikota dan susunanya tidak berubah, dalam arti sesuai penilaian dari pansel. Itu sudah kami terima, kemudian kami bersurat ke KASN. Terakhir ada di KASN untuk rekomendasi, kalau KASN bilang prosesnya sudah tidak ada masalah dan diserahkan ke walikota maka akan segera dilakukan pelantikan,” paparnya.

Meski masih enggan untuk membocorkan nama siapa yang nantinya bakal dilantik menjadi sekda, namun Idris memastikan bahwa pelantikan sekda akan dilakukan di bulan ini.

“Kami minta di bulan ini. Biasanya surat yang semacam itu ada di KASN sekitar dua minggu. Paling tidak pertengahan November setelah tanggal 12 mudah-mudahan sudah ada,” ungkapnya.

Dengan begitu, kata dia, nantinya ketua Baperjakat sudah definitive setelah itu baru dilakukan evaluasi terhadap kelurahan-kelurahan yang kosong dan dinas-dinas yang pensiun.

“Seperti Sekretaris nya Pol PP pensiun, itu harus diisi. Dalam pelantikan sekda juga bisa dibarengi dengan mutasi eselon III ke bawah, tergantung kesiapan dari BKPSDM,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, H Supian Suri.

“Hasil itu nantinya diserahkan ke Pak Wali dan baru diusulkan ke Pak Gubernur. Mudah-mudahan di Oktober sudah rampung dan di awal November sudah ada persetujuan dari Pak Gubernur dan Depok telah memiliki sekda baru, tinggal pelantikannya nanti apakah di akhir Oktober atau di awal November,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pelantikan sekda yang baru nanti sesungguhnya tidak perlu menunggu masa jabatan Plt Sekda yakni Widyati Riandani berakhir pada Desember. Namun, kata dia, pelantikan sekda yang baru dapat dilakukan setelah muncul nama sekda yang baru.

Sempat beredar informasi bahwa tiga nama yang diajukan ke Gubernur Jawa Barat di antaranya Hardiono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Widyati Riandani yang saat ini menjabat Plt Sekretaris Daerah dan Gandara Budiana yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan.

Belakangan, nama Hardiono digadang-gadang menjadi calon terkuat yang bakal dilantik menjadi Sekda Kota Depok dalam waktu dekat ini. n Rahamat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here