Walikota Siap Lantik Sekda

179
Mohammad Idris

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris secara resmi telah menerima surat balasan dari Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan terkait siapa yang nantinya akan menjabat sekretaris daerah (Sekda).

“Surat dari Pak Gubernur sudah kami terima pada 31 Oktober 2017, yang intinya menyetujui proses yang telah dilakukan oleh Pansel Sekda Kota Depok sampai mengerucut kepada tiga nama. Untuk menentukan siapa yang dilantik nantinya, itu kewenangan walikota,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Minggu (5/11).

Ia menambahkan, setelah mendapatkan persetujuan gubernur maka langkah selanjutnya adalah bersurat kepada Komisi ASN.

“Kami telah mengirimkan surat ke Komisi ASN untuk meminta persetujuan dengan melampirkan surat persetujuan gubernur,” paparnya.

Setelah mendapatkan persetujuan Komisi ASN, sambungnya, maka walikota dapat segera melakukan pelantikan.

“Pelantikan akan dilakukan terhadap salah seorang dari tiga nama hasil seleksi tim pansel,” ungkapnya.

Adapun waktu pelaksanaan pelantikan sekda terpilih, dapat dipastikan setelah ada surat balasan dari Komisi ASN yang diperkirakan mingu-minggu ini.

Sebelumnya, Idris telah mengajukan tiga nama calon sekda ke Gubernur Jawa Barat beberapa minggu lalu. Dari tiga nama itu, satu nama telah dipastikan akan menjabat sekda. Namun Idris belum bersedia membocorkan nama sekda yang bakal dilantik nanti.

Lebih lanjut ia memaparkan, bahwa tiga orang calon sekda yang namanya diajukan ke gubernur mereka masuk dalam tiga besar hasil tes seperti wawancara, penulisan makalah, cek kesehatan dan asesemen yang lama.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok, H Supian Suri.

“Hasil itu nantinya diserahkan ke Pak Wali dan baru diusulkan ke Pak Gubernur. Mudah-mudahan di Oktober sudah rampung dan di awal November sudah ada persetujuan dari Pak Gubernur dan Depok telah memiliki sekda baru, tinggal pelantikannya nanti apakah di akhir Oktober atau di awal November,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pelantikan sekda yang baru nanti sesungguhnya tidak perlu menunggu masa jabatan Plt Sekda yakni Widyati Riandani berakhir pada Desember. Namun, kata dia, pelantikan sekda yang baru dapat dilakukan setelah muncul nama sekda yang baru.

Sempat beredar informasi bahwa tiga nama yang diajukan walikota ke Gubernur Jawa Barat di antaranya Hardiono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Widyati Riandani yang saat ini menjabat Plt Sekretaris Daerah dan Gandara Budiana yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan.

Belakangan, nama Hardiono digadang-gadang menjadi calon terkuat yang bakal dilantik menjadi Sekda Kota Depok dalam waktu dekat ini. n Rahamat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here