135 Pembuang Sampah Liar Ditangkap

162
Kusumo

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Kusumo mengatakan hingga Oktober lalu, timnya sudah menjaring 135 orang pembuang sampah liar.

“Tahun 2015 ada 244 orang sedangkan Tahun 2016 ada 237 orang yang terjaring,” kata Kusumo kemarin.

Ia mengklaim jika jumlah tersebut setiap tahunnya menurun. Mereka yang terjaring, akan diserahkan ke Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok untuk dilakukan penindakan lebih lanjut. Hukuman yang berlaku, mulai dari teguran keras sampai sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring) di pengadilan.

Dirinya mengungkapkan dengan keberadaan Tim Buser sampah Kota Depok ini, diharapkan bisa efektif untuk menekan keberadaan pembuang sampah yang kerap berkeliaran di Kota Depok. Serta untuk mewujudkan Depok sebagai kota yang bersih dari sampah sesuai target Zero Waste City yang telah dicanangkan.

“Kami berupaya membentuk kebiasaan dan mengedukasi, supaya masyarakat juga tergerak agar tidak buang sampah sembarangan. Kalau memang aksi ini ditiru wilayah lain, kami senang bisa menjadi inspirasi bagi mereka,” tandasnya.

Salah satu warga Irawan (34) mengaku dengan adanya Tim Buser DLHK mampu memantau warga nakal yang buang sampah sembarangan.

“Kalau sudah kepergok, mereka yang buang sampah pasti malu karena sudah ketahuan aksinya. Mereka nggak bisa berkutik lagi,” katanya.

Diharapkan Tim Buser ini selalu ada di setiap titik wilayah di Depok. Bahkan hingga menjangkau daerah yang sulit dijangkau.

“Jadi jangan hanya mengawasi wilayah yang ramai saja , melainkan daerah perkampungan juga jangan sampai terlewat. Umumnya pembuang sampah bandel ini ngambil lokasi yang sepi dan jauh dari lokasi keramaian,” pungkasnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here