Kecelakaan Di Jalur SSA Hanya 1 Kasus

319

Margonda | jurnaldepok.id
Ujicoba Sistem Satu Arah (SSA) yang berlangsung sejak sebulan lalu, Satlantas Polresta Depok mencatat hanya ada satu peristiwa kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kawasan tersebut.

Hal tersebut diungkapkan Kanit Laka Lantas Satlantas Polresta Depok Iptu Joko Irwanto. Ia menuturkan peristiwa kecelakaan yang terjadi selama SSA adalah kejadian tabrakan antara dua pengendara sepeda motor beberapa waktu lalu.

“Data kecelakaan terjadi tanggal 20 September 2017. Korbannya satu. Sedangkan untuk kasus-kasus kecelakaan lain belum ada yang masuk,” ungkapnya.

Meski demikian jika ada informasi yang mengatakan kawasan SSA kerap terjadi kecelakaan, hal tersebut bisa saja benar. Namun dari kepolisian tidak menerima adanya laporan tersebut.

Sebelumnya terdapat informasi kecelakaan hingga menelan korban jiwa di Jalan Nusantara pada Jumat (15/9) malam. Korban dari peristiwa tersebut adalah Supriyatna (49), warga Beji Timur.

Pada saat kejadian, korban yang sedang mengendarai motor bersama anaknya, Candara (6) melawan arah dan akhirnya ditabrak sebuah mobil Toyota Avanza.

Ujicoba SSA memang masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang setuju penerapan tersebut dilanjutkan namun ada pula yang menginginkan SSA segera dihentikan. Bahkan sebagian warga ada yang berniat untuk mengajukan gugatan karena dinilai tidak efektif dan memberikan dampak yang besar.

Salah satu warga Sudibyo menuturkan jika ujicoba yang dilakukan Pemkot Depok mampu mengurai kemacetan. Ia mengaku sudah pernah sendiri merasakan dampak negatifnya.

“Memang lancar di Jalan Dewi Sartika yang biasanya padat sekarang jadi lancar. Tapi di beberapa jalan ada yang macet juga dan itu nggak bisa dipungkiri,” katanya.

Berbeda dengan Sudibyo, Rahma warga Pancoran Mas berharap SSA segera dihentikan. Menurutnya ujicoba itu hanya mendatangkan dampak negatif saja.

“Iya emang ada jalan lancar. Tapi coba lihat di jalan-jalan lain. Belum ditambah sama keluhan pedagang yang ngaku omzetnya turun semenjak ada ujicoba tersebut. Menurut hemat saya sih, coba dikaji kembali dan dengarkan keluhan masyarakat,” tandasnya.

Uji coba SSA dimulai pada tanggal 29 Juli lalu di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara. Uji coba di kedua ruas jalan tersebut tidak terikat pada waktu tertentu.

Berbeda dengan yang diterapkan di Jalan Arif Rahman Hakim sejak 14 Agustus. Di ruas jalan itu sistem satu arah hanya diberlakukan pada pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.nNur Komalasari

 

1 KOMENTAR

  1. Per hari ini (23/9) pasti tercatat jadi 2 kasus karena baru saja terjadi angkot nabrak tiang dan 2 anak sekolah dan ditangani langsung Satlantas Polresta Depok, semoga Pak Walikota bisa lebih aspiratif turun ke sepanjang jalur SSA dan dengar suara masyarakat secara langsung, bukan hanya mendengar laporan dari bawahannya. Kecelakaan ringan cukup sering terjadi, pedagang mengeluh penurunan omzet memang benar terjadi, bahkan menyeberang jalan pun jadi terasa lebih sulit karena pengemudi mobil/motor memacu kencang kendaraannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here