KPU Buka Lowongan PPK, PPS dan KPPS

1020
Ahmad Arif

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok membuka lowongan untuk posisi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

“Baik PPK, PPS maupun KPPS sifatnya adhock. Kami akan buka pendaftarannya mulai 12 Oktober 2017. Mereka nantinya akan bertugas pada pelaksanaan Pilgub Jawa Barat yang digelar 2018,” ujar Ahmad Arif, Kepala Divisi Hukum KPU Kota Depok, Senin (18/9).

Ia menambahkan, bahwa pembukaan pendaftaran hingga pelantikan PPK, PPS dan KPPS diselenggarakan mulai 12 Oktober hingga 11 November 2017. Terkait tata kerja, pihaknya masih menunggu aturan.

“Termasuk jumlahnya belum bisa dipastikan untuk PPK, namun untuk PPS telah ditetapkan. Di mana satu PPS ada tiga orang, jadi 63×3. PPK masih nunggu aturan apakah mengikuti aturan pilgub atau pileg sebanyak tiga orang,” paparnya.

Jika mengacu pada pilgub, PPK terdiri lima orang per kecamatan dan pada pileg tiga orang per kecamatan.

“Sejauh ini kami masih mengacu pada PKPU No 3/2015 yang menyebutkan lima orang untuk PPK,” katanya.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon tenaga PPK, PPS dan KPPS antara lain WNI usia minimal 25 tahun, bukan anggota partai politik, berdomisili di wilayah kerja, pendidikan minimal SLTA.

“Yang terpenting belum pernah menjabat dua kali sebagai ketua dan anggota PPK, PPS dan KPPS di level dan event yang sama. Namun, bagi mereka yang pernah menjabat sebagai PPK lalu mau pindah ke PPS atau sebaliknya itu silahkan saja,” ungkapnya.

Selain membuka lowongan untuk PPK, PPS dan KPPS, KPU Depok saat ini juga tengah melakukan perekrutan tenaga pendukung untuk membantu kegiatan yang berkaitan dengan Pilgub Jabar.

“Untuk tenaga pendukung kami rekrut sebanyak 10 orang, saat ini sedang berjalan. Tugas mereka nantinya membantu admistrasi dan kegiatan yang menyangkut tahapan pilgub. Saat ini tengah masuk dalam tahapan wawancara,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here