HTA Optimistis Perda SKD Goal

271
Hendrik Tangke Allo

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Meski masih alot dalam pembahasan, namun Ketua DPRD Depok, Hendrik Tangke Allo (HTA) merasa optimistis rancangan peraturan daerah (Raperda) Sistem Kesehatan Daerah (SKD) akan lolos dan disahkan menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda).

“Memang pembahasannya masih alot, namun kami yakin SKD akan disahkan menjadi Perda,” ujar Hendrik kepada Jurnal Depok, Selasa (12/9).

Ia mengatakan, dalam rapat Bamus kemarin dengan bagian hukum dan OPD yang diundang, ada beberapa kata yang dianggap tidak pas. Seperti halnya persoalan BPJS, di mana DPRD meminta ada kata wajib bagi seluruh rumah sakit di Kota Depok untuk bekerjasama dengan BPJS, dan itulah yang menjadi perdebatan.

“Sementara di Permenkes tidak diatur ada kata wajib, satu kata ini kan (wajib,red) penting, artinya kata wajib untuk kerjasama seluruh rumah sakit di Depok kan bagus. Kami yakin SKD akan menjadi perda karena ini untuk kepentingan masyarakat, dan kami rasa pemerintah daerah akan mendukung itu,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa SKD merupakan perda inisiasi dari DPRD yang juga mendapat dorongan dari fraksinya yakni PDI Perjuangan. Meski belum melihat secara detail berapa besar anggaran untuk itu, Hendrik meminta agar nantinya pasien BPJS kelas III dicover oleh APBD melalui SKD.

“Kami minta pasien BPJS kelas III dapat ditanggulangi oleh APBD melalui SKD, jumlahnya belum terhitung. Namun APBD Depok masih mampu mengcover itu, ketika ini diusulkan oleh pansus bagian hukum pemerintah daerah kan sudah mempelajari semuanya, termasuk audiensi ke kementerian dan study banding ke daerah,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk mengcover itu Hendrik memprediksi tidak sampai ratusan miliar. Namun yang terpenting, kata dia, berapapun itu harus diusahakan karena untuk kepentingan kesehatan masyarakat Depok terutama mereka yang kurang mampu.

“Bagi kami prinsipnya bukan berapa besar nilainya, tapi berapapun nilainya pemerintah wajib mengusahakan itu, karena itu salah satu tugas pemerintah dan kami sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan hak-hak rakyat,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here