Aduh…Napi Simpan Sabu Lagi

196
ILUSTRASI

Cilodong | jurnaldepok.id
Kasus penyalahgunaan narkoba di dalam rumah tahanan (Rutan) kembali terjadi. Satu narapidana atas nama Robiansyah alias Damang ditangkap karena menyimpan sabu paket kecil di dalam kamar tahannnya di Rutan Cilodong.

Penangkapan Damang terjadi ketika petugas Rutan melakukan sidak ke kamar tahanan Rutan Cilodong pada Rabu malam. Tersangka yang ditahan atas kasus serupa, yakni penyalahgunaan narkoba tertangkap menyimpan sabu di kamar tahanannya yang berada di Blok A.

“Kami menemukan sabu seberat 0,3 gram. Diduga barang tersebut hanyalah sisa barang yang belum dihisap,” kata Kepala Rutan Cilodong Sohibur Rachman.

Dirinya menuturkan kemungkinan besar tersangka telah memakai barang haram tersebut sebelum petugas melakukan sidak.

“Hasil tes urine juga menyatakan jika dia positif menggunakan narkoba,” jelas dia.

Sohibur memaparkan jika yang bersangkutan merupakan tahanan yang tengah menjalani masa hukumannya selama 5 tahun 6 bulan. Dia terjerat kasus yang sama.

“Robi ini baru menjalani hukumannya dengan kasus yang sama,” ungkapnya.

Atas temuan tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Polresta Depok. Kasusnya kemudian dilanjutkan oleh Satuan Narkoba Polresta Depok. Karutan menduga bahwa sabu itu dibawa oleh penjenguk dan disisipkan saat bertemu dengan Damang. “Kami mengira masuk sore,” ungkapnya.

Dia menyebutkan dari hasil penangkapan narapidana yang memakai narkoba ini lantaran razia yang rutin dilakukan pihaknya. Razia itu merupakan komitmen yang dilakukannya memerangi narkoba. “Mudah-mudahan bisa konsisten sidak seperti ini dilakukan,” katanya.

Sementara itu, Robiansyah mengaku baru pertama kali memasukan barang haram tersebut ke dalam rutan. Dia juga tak manyangkal jika telah memakai Sabu tersebut. “Saya baru pertama masukin Sabu. Dapatnya dari teman saya,” tandasnya.

Sebelumnya pihak rutan juga pernah menemukan kasus serupa pada 14 Juni. Saat itu ada tiga tahanan yang ketahuan menyimpan sabu. Ketiganya berada di kamar berbeda. Antara lain di Blok C ruang 3004 yang dihuni Deni Suryaginata (25) atas kasus narkoba. Kemudian di kamar Muhammad Alif (26) dan Royadi. Saat itu petugas menemukan 12 paket sabu ukuran kecil.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here