Dompet Dhuafa Peduli Palestina

202

Laporan: Rahmat Tarmuji
Palestina negara yang terletak di semenanjung Timur Tengah dengan mayoritas penduduk Bergama muslim. Sudah puluhan tahun masyarakat Palestina hidup dengan segala keterbatasan baik dari segi perekonomian, kesehatan hingga kebutuhan hidup sehari-hari.

Puluhan tahun mereka hidup di bawah bayang-bayang otoriter dari negara Israel yang membuat perseteruan diantara kedua belah negara tersebut.

Masyarakat Palestina sudah terbiasa hidup di tengah konflik dibawah bayang-bayang desingan peluru dan dentuman bom yang berjatuhan dari angkasa. Masyarakat Palestina masih menjaga tanah suci di bawah konflik. Hingga kini kita masih melihat Masjid Al Aqsa kokoh berdiri dan menjadi simbol kerukunan umat beragama.

Banyak negara-negara di dunia langsung merespon atas tragedi kemanusiaan yang menimpa masyarakat di Palestina. Tidak sedikit juga yang menjadi korban dari kalangan anak-anak dan kaum perempuan.

Beberapa aksi di sejumlah negara sebagai bentuk aksi simpati yaitu mengirimkan doa hingga mengirimkan bantuan logistik. Akhir-akhir ini juga dikejutkan oleh kebijakan, peraturan, dan batasan-batasan terhadap ibadah yang dilaksanakan oleh rakyat Palestina di Masjid Al Aqsa, sebuah tempat suci yang diagungkan oleh tiga agama terbesar di Dunia, salah satunya Islam.

Hal itu pula lah yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Di mana lembaga nirlaba tersebut beberapa hari lalu menggelar ‘Sounds of Humanity-Palestina adalah Kita’ yang digelar di Forest Coffe & Food Camp, Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas.

Refia Ardhiana, Manager Event Kreatif Dompet Dhuafa mengatakan, Dompet Dhuafa peduli terhadap Palestina. Di mana, pihaknya bagru saja mengadakan konser cinta bagi rakyat Palestina sekaligus melakukan aksi penggalangan dana dan lelang barang-barang para artis yang tampil dalam kesempatan itu.

“Aksi penggalangan dana tersebut akan kami donasikan untuk rakyat Palestina serta kebutuhan rakyat Palestina yang telah berupaya menjadi garda terdepan dalam menjaga kesucian Masjid Al Aqsa,” ujar Refia.

Dalam aksi simpati untuk kemanusiaan itu, selain mengajak para artis seperti Ihsan Tarore dan Bang Is (Payung Teduh) untuk mendukung kegiatan itu.

“Diharapkan antusias serta menggugah masyarakat baik komunitas maupun masyarakat umum untuk berdonasi atas krisis kemanusiaan yang terjadi terhadap rakyat Palestina semakin besar,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa melalui himpunan dana Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf (Ziswaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, baik dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga.

“Selama 24 tahun lebih Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam pendidikan, kesehatan, ekonomi, dakwah, sosial dan kebencanaan, serta CSR,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here