Welcome Piala Adipura

196

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris memastikan bahwa Kota Depok tahun ini meraih Piala Adipura. Hal itu dikatakan Idris setelah pihaknya menerima secara langsung undangan penyerahan anugrah Adipura pada Senin (31/7).

“Ya, Alhamdulillah kemarin kami mendapat undangan Hari Lingkungan Hidup dan masalah pelestarian hutan, di sana nanti akan ada pemberian Piala Adipura untuk kota/kabupaten. Insha Allah Depok dapat (piala nya,red),” ujar Idris kepada Jurnal Depok, Selasa (1/8).

Idris menjelaskan, jika suatu kota atau kabupaten mendapatkan lima kali piala Adipura, maka akan diberikan Pila Adipura Kencana. Yang kencana, kata dia, diberikan kepada daerah metropolitan.

“Ada lima kota metropolitan yang meraih Piala Adipura dan Depok mendapatkan peringkat kedua,” paparnya.

Informasi yang beredar, bahwa Depok mengungguli beberapa kota besar di Indonesia seperti Bandung maupun beberapa kota di wilayah DKI Jakarta.

Namun begitu Idris tidak mau jumawa. Di mana, kata dia, meskipun raihan itu sebagi kebanggaan, namun kebanggaan tersebut bukan secara pribadi, namun bagaimana kebersamaan untuk meraih Adipura.

“Adipura ini kan bukan hanya masalah sampah saja, tapi juga infrastruktur dan system kesertaan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan, termasuk komunitas lingkungan itu juga masuk dalam penilaian,” terangnya.

Dikatakannya, bahwa Adipura bukan hasil atau raihan walikota namun raihan seluruh masyarakat. Di mana, pemerintah hanya memfasilitasi.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa Piala Adipura akan diarak keliling Kota Depok atas permintaan komunitas pecinta lingkungan, bank sampah dan para pesapon. Nantinya mereka akan ikut serta menyambut Piala Adipura.

Adapun rute yang bakal dilalui Piala Adipura dimulai dari keluar Tol Juanda, Jalan Raya Bogor, Tole Iskandar, Siliwangi, Margonda, Arief Rahman Hakim, Nusantara, Raya Sawangan, Parung Bingung, Raya Limo, Raya Cinere, Raya Gandul, Kukusan, Nusantara, Dewi Sartika dan finish di Balaikota. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here