Perbaiki RTLH Ibu Iti

254

Laporan: Rahmat Tarmuji
Keberadaan puluhan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik masyarakat di wilayah Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan, membuat Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tergerak untuk membantu pemilik RTLH.

Hal itu lah yang dilakukan oleh tim Qonita Luthfiyah (QL) Center, PAC PPP Sawangan dan DPC PPP Kota Depok. Di mana mereka turun langsung untuk memperbaiki rumah milik Marsiti (55) warga Kelurahan Kedaung, Kecamatan Sawangan.

“Ini merupakan kegiatan sosial dari QL Center. Kami bersyukur bisa bantu Ibu Marsiti, karena kondisi rumah cukup memperihatinkan,” ujar Pembina QL Center, Hj Qonita Luthfiyah kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, bantuan renovasi rumah tersebut bentuk sosial dari QL Center. Awal mula pemberian bantuan itu secara spontan setelah pihaknya berkunjung ke RW 05, Keluraham Kedaung, Sawangan. Saat itu dirinya mendapatkan kabar bahwa ada rumah warga yang rumahnya cukup memperhatinkan. Lalu, QL Center berkomunikasi dan sepakat membantu rumah nenek 55 tahun itu.

“Rumah Bu Iti sudah memperhatinkan dan membahayakan keselamatan keluarga pemilik rumah, jadi kami (QL Center,red) bantu. Saya pikir dana RTLH tidak mungkin terealisasi melihat kondisi rumah hampir ambruk. Artinya bila ada korban baru bisa diperhatikan,” katanya.

Ia pun berharap, bantuan renovasi rumah Bu Iti bisa cepat seleai dan ditempati secepatnya.

“Meski nantinya rumah Bu Iti tidak bagus, tapi aman untuk ditempati,” tuturnya.

Pemilik rumah, Marsiti mengaku gembira dan bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh QL Center.

“Saya senang rumah saya dibantu QL Center, semoga Bu Qonita tambah rezekinya dan bisa bantu banyak orang,” ungkapnya.

Kondisi rumah Iti memang sudah lama tak pernah direnovasi, sehingga setiap hujan air masuk ke dalam rumahnya.

“Susah tidur kalau hujan besar, saya bersyukur sekali dapat bantuan,” tuturnya terharu.

Ketua RW 05, Kelurahan Kedaung, Rohmat mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan QL Center pada warganya. Ia pun mengatakan bahwa pihaknya sudah mengajukan RTLH ke Pemerintahan Kota Depok.

“Namun hingga saat ini belum terealisasi, kebetulan ada yang menolong sehingga rumah itu bisa dibangun. Kalau luas rumah 4×13 meter persegi,” kata Rohmat.

Kegitan QL Center juga direspon baik oleh Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kedaung, Mahrudin. Dirinya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada QL Center yang telah membantu warganya.

“Kami ucapkan terimakasih, aksi ini sangat membantu masyarakat terlepas apapun itu motivasinya. Sebagi LPM tentu kami menyambut baik, yang terpenting ada motivasi untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat,” tanggapnya.

Mahrudin menjelaskan, di wilayahnya saat ini masih terdapat puluhan RTLH yang hingga kini belum tersentuh perbaikan. Dirinya juga telah mengimbau kepada RT/RW di wilayahnya untuk menjalin komunikasi dengan pihak ketiga selain pemerintah agar RTLH di wilayahnya dapat diperbaiki. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here