4 Wartawan Depok Lulus UKW

247

Margonda | jurnaldepok.id
Empat orang wartawan asal Kota Depok dinyatakan lulus Uji Kopetensi Wartawan (UKW) oleh Dewan Pers dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat. UKW yang digelar selama dua hari di Gedung Tegar Beriman, Kabupaten Bogor, diselenggarakan oleh PWI Kabupaten Bogor.

Adapun empat wartawan asal Kota Depok yakni Rahmat Tarmuji (Jurnal Depok), Rusdy Nurdiansyah (Republika), Fitra Ratory (Depok News) dan Indra Wahyu (Metro Depok), dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan.

Tim penguji kompetensi, Wawan Djuwarna mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang lulus di jenjang madya. Terutama untuk peserta yang berasal dari Depok yang lulus dengan nilai yang memuaskan.

“Kami berharap dengan lulus kompetensi ini mereka dapat terus mengembangkan diri di dalam profesi jurnalistik. Selamat untuk semua rekan-rekan. Semoga apa yang di dapat dari uji kompetensi ini dapat bermanfaat dalam karier wartawannya,” ujar Wawan.

Ketua Komisi UKW PWI Pusat, Khamsul Hasan menuturkan bahwa wartawan Indonesia harus bekerja professional. Ukuran professional menurut Dewan Pers, kata dia, adalah mentaati hukum dan kode etik jurnalistik.

“Dari itu, wartawan harus menempuh langkah ujian. Dalam ujian ini masing-masing ada 9 mata uji untuk tingkat muda, madya dan utama. Tujuan kopetensi ini tak lain untuk membuat kemerdekaan pers Indonesia yang profesional,” ujarnya, Jumat (28/7).

Dikatakannya, setelah proses pengujian, sering terjadi hambatan yang terkait dengan badan hukum. Dijelaskannya, bahwa Dewan Pers telah mengeluarkan surat edaran Nomor 1 Tahun 2014 yang sudah berlaku secara efektif per 1 Juli 2014 bahwa badan pers harus berbentuk PT, yayasan atau koeprasi yang tidak bisa dicampur baurkan dengan usaha lain.

“Jadi tidak boleh perusahaan pers merangkap LSM, kalau itu terjadi meskipun wartawannya telah mengikuti ujian kopetensi, maka kartunya dipastikan dicabut. Badan hukum nya yang memang harus semata-mata melakukan kegiatan pers, begitu juga yang PT,” terangnya.

UKW yang diselenggarakan selama dua hari tersebut diikuti oleh 41 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Lima orang dinyatakan tidak lulus dalam kegiatan tersebut. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here