Berikan Reward

185

Laporan: Rahmat Tarmuji
Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok kemarin menggelar puncak peringatan hari donor darah sedunia unit transfusi darah PMI Kota Depok di aula lantai 1 Balikota Depok.

Dalam kesempatan itu, PMI memberikan doorprize kepada kurang lebih 10 pendonor yang telah mendonorkan darahnya pada bulan ramadhan lalu. Selain itu PMI Depok juga memberikan reward kepada komunitas, keluarga besar dan kelompok donor darah yang sukarela secara rutin menyumbangkan darahnya untuk masyarakat Depok.

“Hadiah berupa barang elektronik hingga sepeda motor, ini puncak acaranya. Mereka yang mendapat hadiah merupakan yang sudah mendonorkan darahnya, mereka sebelum didonor kan mengisi formulir kemudian diperiksa hingga diberi kupon. Kupon diberikan setelah donor pada bulan ramadhan lalu. Pengundiannya Selasa kemarin disaksikan oleh notaris dan pejabat dari Dinsos Kota Depok,” ujar Dudi Miraz, Ketua PMI Kota Depok, kemarin

Ia menambahkan, kegiatan itu dimaksudkan untuk memasyarakatkan donor darah sekaligus mengajak masyarakat agar tidak takut donor darah. Terutama pada saat jelang bulan suci ramadhan, bulan suci ramadahan dan jelang idul fitri.

“Biasanya stok darah untuk masyarakat kosong di momen itu. Makanya kami pacu, ini inovasi dari teman-teman untuk menggalakkan donor darah. Alhamdulillah, pada ramadhan kemarin Depok satu-satunya kota yang tidak terkena krisis darah, bahkan dari beberapa daerah di Jabodetabek mintanya ke Depok,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pihaknya tidak bisa menolak permintaan darah. Siapapun yang membutuhkan darah, kata dia, maka harus dipenuhi. Dijelaskannya, stok darah pasca lebaran telah kembali normal.

Dudi yang juga menjabat sebagai Kasatpol PP Kota Depok mengungkapkan, bahwa PMI telah memiliki agenda rutin setiap harinya untuk melakukan donor darah di berbagai tempat dan lokasi di Kota Depok.

“Kami mendatangi masyarakat yang mengajukan permohonan kegiatan donor darah, hampir setiap hari kecuali Sabtu dan Minggu yang dua kegiatan,” jelasnya.

Dudi mengungkapkan, setiap bulannya PMI berhasil mengumpulkan 1.400 sampai 1.500 kantung darah dari hasil kegiatan donor. Sementara permintaan per bulannya di bawah 1.400 kantung darah.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna yang sempat menghadiri acara itu mengatakan, bahwa pihaknya tak henti-hentinya mendorong dan mengimbau kepada seluruh ASN untuk ikut mendonorkan darah setiap kali ada kesempatan.

“Kami berupaya selalu memberikan motivasi dan inspirasi kepada organisasi yang memang berbasis kemasyarakatan, muaranya untuk kepentingan bersama, ini harus terus kami support,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here