Pemkot Terapkan SSA

224

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Depok berencana akan memberlakukan sistem transportasi satu arah pada Sabtu (29/7). Pemberlakuan sistem satu arah itu dilakukan di Jalan Raya Margonda, Jalan Arief Rahman Hakim, Jalan Nusantara dan Jalan Dewi Sartika. Sistem satu arah bertujuan untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di jalan-jalan tersebut.

Berdasarkan surat edaran Sekretariat Daerah Pemkot Depok bahwa jalan-jalan seperti Jalan Nusantara Raya, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Margonda Raya, Jalan Dewi Sartika akan diberlakukan Sistem Satu Arah.

“Untuk itu kami berharap pihak terkait seperti Polres Depok melakukan sosialisasi ini kepada masyarakat terhitung mulai Senin (24/7) hingga Jumat (28/7),” ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Pemkot Depok Herman Hidayat.

Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengakui adanya rencana ujicoba tersebut. Nanti dalam ujicoba tersebut akan dilihat dampaknya seperti apa.

“Kita lihat efektivitasnya seperti apa. Bisa seminggu atau dua minggu. Nanti dilihat hasil uji coba tersebut,” katanya kemarin.

Dirinya mengungkapkan jika tujuan diberlakukan sistem satu arah untuk memecah masalah kemacetan yang kerap terjadi. Seperti diketahui di jalur-jalur tersebut bisa dikatakan zona merah kemacetan. Biasanya kepadatan jumlah kendaraan terjadi pada saat jelang akhir pekan.

“Ini untuk kepentingan rakyat kalau bukan sekarang kapan lagi. Bukan karena Transmart atau apa. Rencana ini memang sudah lama sebelum kami diamanahkan memimpin Depok,”ungkapnya.

Selain itu ia mengungkapkan tentang rencana Pemkot Depok membangun flyover.

“Untuk kajian flyover juga sudah lama ada.Ini untuk yang Markas Wangi ya. Saat ini sedang dikaji apakah pembangunany nanti underpass atau flyover,” terangnya.

Menurutnya rencana pembangunan tersebut juga cara pemerintah Kota Depok untuk menunjang perekonomian daerah. “Dengan adanya jalan baru nanti maka juga bisa meningkatkan perekonomian kita,” pungkasnya.

Rencana sistem satu arah mendapat tanggapan dari masyarakat Depok. Tidak sedikit warga menilai hal tersebut akan membuat kemacetan bertambah.

“Jalan Nusantara pasti tambah macet, belum ditambah sama angkot yang ngetem,” ucap Lilis warga Pancoran Mas.

Warga lain nya yakni Heri mengatakan dengan adanya sistem satu arah itu tidak menutup kemungkinan jalan tikus atau jalan alternatif akan ramai. “Bisa juga nanti Perumnas jadi rame karena banyak yang lewat situ,” terangnya.

Namun ada juga yang mendukung rencana pemerintah tersebut. Salah satunya Rahma. Warga Beji itu berharap dengan diberlakukan nya sistem satu arah akan mengurangi kemacetan.

“Semoga ngurangin macet, bete juga kalau harus kena macet terus dijalan,” katanya.

Warga lain Ita juga berharap rencana pemerintah kota Depok akan membawa manfaat yang lebih baik. “Semoga lebih baik lagi karena rencananya kan baik, kita lihat saja nanti,” tandasnya.nNur Komalasari

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here