Gelar Pelatihan

323

Laporan: Rahmat Tarmuji
Dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, beberapa orang dosen dari Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) Jakarta melakukan pelatihan home industry bagi ibu rumah tangga di lingkungan RW 03 Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan.

Ketua Tim Pelatihan sekaligus Dosen Unindra, Askardiya Mirza Gayatri mengatakan bahwa selain melakukan penelitian dan pengajaran, dosen juga dituntut unhtuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Sasarannya ibu rumah tangga, kami melakukan pelatihan yang memanfaatkan limbah pecah. Mereka biasa menjahit dan sekaligus menjaga lingkungan, karena ibu-ibu yang lebih banyak di rumah,” ujar Aska kepada Jurnal Depok, kemarin.

Dikatakannya, bahwa kegiatan tersebut melibatkan tiga dosen dan empat orang mahasiswa yang membantu menyiapkan perlengkapan. Mereka berasal dari jurusan pendidikan ekonomi. Dirinya berharap, kegiatan tersebut dapat menjadikan ibu rumah tangga lebih mandiri.

“Ini kan tahap awal, kami tidak bisa mengharapkan yang lebih, akan tetapi bertahap. Setidaknya kami bisa memberdayakan ibu-ibu agar memiliki tambahan uang saku. Namun kalau tidak pun, kami berharap mereka bisa menjaga lingkungan dengan cara membuat kretivitas sendiri dengan memanfaatkan barang bekas yang memiliki produk bernilai jual,” paparnya didampingi anggota tim Sri Hapsari dan Deden Ibnu Aqil.

Salah seorang perwakilan masyarakat setempat, Sulaiman mengungkapkan bahwa dirinya menyambut positif atas kegiatan tersebut.

“Kami menyambut baik kegiatan ini dikarenakan memiliki nilai positif. Kegiatan ini mampu membangun peningkatan ekonomi bagi masyarakat Sawangan khususnya warga di Kelurahan Bedahan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga memiliki nilai silaturahmi yang tinggi sekaligus membangun kreativitas sehingga masyarakat dapat termotivasi.

“Ketika APBD pemerintah yang kurang, maka dengan adanya kegiatan ini akan mendongkrak kualitas dan potensi yang ada. Mereka perwakilan yang diutus dari masing-masing RT. Mudah-mudahan mereka mampu menelurkan kepada warga lainnya,”terangnya.

Sedikitnya 40 ibu rumah tangga mengikuti pelatihan home industry yang dilangsungkan di aula Masjid Al Hidayah, Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan. Hadir dalam kesempatan itu Ketua LPM Bedahan, Mahrudin dan staf kelurahan. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here