Gunakan CBT

666

Laporan: Rahmat Tarmuji
Madrasah Aliyah (MA) Islamiyah yang bernaung di bawah Yayasan Darul Irfan (Yadair) Sawangan, mulai menerapkan system Computer Based Test (CBT) dalam penjurusan.

Kepala Sekolah MA Islamiyah Yadair, Ahmad Sujai mengatakan, diterapkannya CBT dalam tes masuk sekolah tak lain untuk melihat atau memetakan calon siswa yang nantinya menetapkan pilihan jurusan seperti IPA maupun IPS.

“Dalam CBT mereka mengerjakan 30 soal IPA dan 30 soal IPS. Hasilnya nanti akan menjadi ukuran mereka lebih condong ke jurusan sains atau jurusan sosial. Untuk penerimaan siswa baru kemarin juga kami mulai menggunakan system online dan manual,” ujar Sujai kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia menambahkan, keseluruhan siswa yang mendaftar di tahun ajaran baru kemarin mencapai 157. Namun, yang diterima hingga kemarin mencapai 122 siswa. Sementara hasil ujian CBT telah diumumkan kemarin.

“Hasil bisa langsung dilihat di web. Sebenarnya setelah ujian CBT kemarin hasilnya sudah ada, namun ada beberapa aspek yang patut kami pertimbangkan. Meskipun hasilnya mereka lebih condong ke IPS namun ketika memiliki komitmen untuk ke jurusan IPA, itu bisa dipertimbangkan, asalkan siswa itu komitmen,” paparnya yang didampingi Ahmad Mamit, Wakil Bidang Kesiswaan MA Islamiyah Yadair.

Penggunaan CBT di yayasan yang berdiri sekitar tahun 1967 itu dilakukan pula pada ujian harian maupun UTS sejak dua tahun lalu. Namun, penggunaan CBT untuk penjurusan baru digunakan pada tahun ini.

Saat ini, pihaknya memiliki tiga ruang laboratorium dengan fasilitas lengkap. Di mana, satu ruangan mampu menampung 30 siswa.

“Kami berharap dengan penggunaan CBT ini potensi para siswa dapat digali sesuai dengan kadar minat dan kemampuan mereka. Selain itu dalam proses pembelajaran juga bisa lebih efektif dan output nya bisa lebih berdaya saing,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here