RTLH Milik Salam Ambruk

194

Limo | jurnaldepok.id
Lantaran lapuk termakan usia, rumah milik Salam warga Jalan Rawakalong RT 04/09 Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Minggu (16/7) ambruk.

Menurut Sahrul Betlack salah satu warga sekitar, ambruknya rumah keluarga Salim dan Anih selain dikarenakan sudah puluhan tahun tak pernah diperbaiki, juga diduga lantaran penggunaan besi pondasi rumah yang ukurannya tidak pas.

“Memang rumah itu sudah berusia 15 tahun dan tak pernah diperbaiki, secara kebetulan posisi rumah berada di pinggir kali. Setelah ditelusuri katanya besi pondasi rumah itu ukurannya tidak sesuai dengan ukuran besi untuk pondasi. Tapi apapun penyebabnya yang jelas rumah Bapak Salam dan ibu Anih yang notabene merupakan warga kurang mampu kini tak lagi bisa ditempati lantaran telah luluh lantah pasca ambruk, beruntung tidak ada korban pada kejadian itu, ” ungkap Sahrul kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ambruknya rumah pasutri Salam dan Anih dibenarkan oleh Nurali, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Grogol.

Dikatakannya, dua tahun silam pihaknya telah mengajukan rumah keluarga Salam dalam program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Namun sampai realiasasi anggaran tahun 2017 ajuan perbaikan rumah atas nama Salam belum juga muncul pada daftar penerima manfaaat program RTLH.

“Kami sudah masukkan dalam pengajuan tahun 2015, tapi sampai sekarang rumah keluarga Salam belum muncul dalam daftar nama objek penerima program RTLH, ” katanya.

Sementara Sekretaris Kantor Kelurahan Grogol, Lukman Zaelani mengatakan pihaknya bersama Komunitas Maestro telah melaksanakan upaya penggalangan dana swadaya masyarakat guna membangun kembali rumah keluarga Salam yang roboh beberapa hari silam.

“Kami bersama para tokoh masyarakat yang tergabung di Komunitas Maestro sudah melaksanakan penggalangan dana untuk membantu pembangunan rumah Pak Salam. Insya Allah pada Rabu sumbangan warga itu akan kami serahkan kepada keluarga atau panitia yang menangani pembangunan rumah itu. Kami mengimbau kepada warga dan para dermawan untuk berpartisipasi guna membantu meringankan beban keluarga Bapak Salam membangun kembali rumahnya, ” katanya usai meninjau lokasi rumah keluarga Salam. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here