Disdukcapil Jemput Bola

249

Tapos | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok terus berupaya memberikan pelayanan prima kepada warganya. Terlebih bagi mereka yang hingga kini belum memiliki identitas kependudukan berupa akte kelahiran, kartu keluarga maupun KTP.

Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Pemerintah Kota Depok melakukan jemput bola kepada masyarakat yang ingin membuat admistrasi kependudukan.

“Ini kegiaatan DAK, kebetulan Dukcapil mengambil pembuatan akte kelahiran di 22 titik kelurahan 11 kecamatan. Ini kegiatan yang ketiga, sebelumnya kami laksanakan di Kelurahan Jatimulya (Cilodong), Kelurahan Krukut (Limo) dan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru (Pancoran Mas),” ujar Mujahidin, penanggungjawab kegiatan Disdukcapil Kota Depok.

Ia menambahkan, bahwa kegiatan tersebut akan dilakukan hingga akhir tahun 2017 ini. Dikatakannya sekali kegiatan digelar, pemohonnya bisa mencapai lebih dari 300 orang. Diakuinya, dengan kegiatan tersebut masyarakat sangat antusias.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika datanya sudah terinput dengan baik, maka proses pencetakan akte kelahiran maupun kartu keluarga bisa selesai di hari itu juga.

“Kami berharap target pembuatan akte kelahiran 85 persen dapat tercapai. Saat ini baru sekitar 65-70 persen,” terangnya.

Lurah Tapos, Muhammad Imron menyampaikan terimakasih kepada pemerintah kota terlebih Disdukcapil yang telah menggelar pelayanan pembuatan admistrasi kependudukan di wilayah kerjanya.

“Kami apresiasi atas kegiatan ini sehingga warga terakomodir. Selama ini mereka harap-harap cemas adanya perbaikan maupun peningkatan admistrasi kependudukan. Yang belum memiliki akte mungkin hanya beberapa persen, namun yang mengeluh banyak terkait kesalahan nama maupun tanggal lahir,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga mengeluhkan minimnya blanko e-KTP yang sampai saat ini ketersediaannya belum maksimal. Hingga kemarin, pihaknya mencatat bahwa warganya yang telah melakukan perekaman mencapai 75 persen.

“Sisanya berbagai macam persoalan seperti belum datang dari kampung maupun pindah alamat. Kami menargetkan sampai akhir tahun perekaman bisa mencapai 100 persen,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here