RSUD Tambah Jam Operasional

637

Sawangan | jurnaldepok.id
Poli klinik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok kini menambah jam operasional bagi pasien. Sebelumnya, poli klinik hanya melayani pasien rawat jalan di pagi hari, namun mulai minggu esok poli klinik dibuka pula pada sore hari.

“Insha Allah 17 Juli ini sudah kami mulai, pasien pagi tetap kami layani regular. Pagi tetap pelayanan pagi, bukan pagi dialihkan ke siang. Kami buka jam operasional tambahan tak lain untuk mengcover yang tidak kebagian pada pelayanan pagi, karena pelayanan pagi ada kuotanya,” ujar Asloe’ah Madjri, Direktur RSUD Kota Depok, kemarin.

Ia menambahkan, untuk permulaan jam operasional tambahan baru dilakukan satu minggu sekali. Meskipun, kata dia, ada beberapa dokter specialis yang akan melayani pasien seminggu tiga kali pada jam tambahan sore hari.

Dijelaskannya, pendaftaran untuk poli klinik sore dimulai sejak pukul 12.00 WIB. Sementara jam parktiknya dimulai pukul 14.00-17.00 WIB dengan melibatkan 10 dokter specialis yang ada di poli klinik RSUD.

“Jika kuota pasien pada pagi hari mencapai 400-500 pasien, maka yang sore kuotanya mencapai 100 pasien dikarenakan waktunya yang lebih singkat. Penambahan jam operasional ini kan sudah ada Perda nya,” paparnya.

Mantan Camat Cinere itu mengatakan, untuk penambahan kuota jam operasional sore masing-masing poli klinik atau dokter specialis hanya menerima kurang lebih 10 pasien. Dengan begitu, ada penambahan 100 pasien pada jam operasional sore.

Saat ini, pihaknya juga telah melakukan sosialisasi hal itu ke BPJS, Sekda, Dinkes maupun puskesmas. Ia juga mengatakan, ruang yang tadinya dipergunakan oleh managemen di lantai 2 nantinya digunakan untuk poli tambahan jam sore, sementara managemen kini pindah ke eks Kantor Kelurahan Sawangan.

“Kami akan memberikan pelayanan yang baik karena kenyamanan dan kepuasan pasien menjadi tujuan utama kami. Kami tidak memaksa dokter yang tidak mau, kerja itu harus dari hati. Tarif sesuai Perda,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa retribusi yang dikenakan sama hal nya dengan yang berlaku pada pasien pagi baik yang menggunakan BPJS maupun pasien umum dikarenakan RSUD saat ini belum memiliki poli eksekutif.

“Nantinya ada beberapa specialis yang buka full satu minggu seperti poli gigi, obgin dan beberapa dokter specialis lainnya,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here