Olah Sampah Satu Atap

169

Sumber:depok.go.id

Berbagai upaya terus dilakukan oleh seluruh pihak guna mengatasi permasalahan sampah di Kota Depok. Salah satunya melalui pengolahan dan pemanfaatan sampah satu atap oleh Rumah Kreatif Kancil milik Karang Taruna (Katar) Kecamatan Cilodong.

Sekretaris Katar Kecamatan Cilodong sekaligus Pendiri Rumah Kreatif Kancil, Robi mengatakan, sistem pengolahan dan pemanfaatan sampah satu atap merupakan upaya lanjutan dari program Rumah Kreatif Kancil yang mengumpulkan, serta mengolah sampah dari berbagai wilayah di Kota Depok. Dalam satu hari, pihaknya dapat menampung hingga 400 kilogram sampah dengan berbagai jenis yang berbeda.

“Sejauh ini sudah terdapat tiga RT di Kelurahan Cilodong, satu RT di Kelurahan Sukamaju, serta satu supplier sampah organik sayuran dari Kecamatan Tapos yang bekerjasama untuk pengumpulan dan pengolahan sampah. Dari sampah yang dikumpulkan tersebut, kami olah menjadi berbagai macam kerajinan,” jelas Robi kepada depok.go.id.

Lebih lanjut, Robi menuturkan, lewat Rumah Kreatif Kancil tersebut, berbagai sampah yang dikumpulkan, diubah menjadi barang-barang yang memiliki nilai guna. Diantaranya, pembuatan tempat duduk berbahan baku ban bekas, serta penggunaan sampah bungkus detergen menjadi wadah penanaman bibit pohon.

“Kami juga sedang mengembangkan penggunaan sampah organik menjadi pakan ikan. Selain itu, bisa juga dijadikan sebagai pupuk cair, sehingga semua sampah yang dikumpulkan dapat diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat,” terangnya.

Dirinya berharap, agar ke depan Rumah Kreatif Kancil dapat melakukan berbagai perkembangan dalam sistem pengolahan sampah. Misalnya dengan mengolah sampah menjadi bahan bakar alternatif untuk kendaraan bermotor.

“Target tahun 2019, kita akan mengembangkan aplikasi energi terbarukan berbasis limbah yang kami kelola,” tandasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here