Jangan Paksa Anak Masuk Sekolah Negeri

318
Rezky M Noor

Beji | jurnaldepok.id
Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Rezky M Noor meminta orang tua agar tidak terlalu memaksakan anak masuk ke sekolah negeri.

“Sekolah swastapun kami nilai kualitas dan kuantitas pembelajarannya tidak kalah dari negeri, bahkan bagus pula,” ujarnya kemarin.

Ia mengatakan setiap tahun ajaran baru, anak-anak yang ingin melanjutkan pendidikan di SMP maupun SMA selalu mencari sekolah negeri bahkan ada yang memaksakannya meskipun nilainya jauh dari nilai passingrade dari sekolah negeri yang ingin dituju.

Ia mengungkapkan jika dirinya pernah dimintai tolong oleh salah satu warga yang ingin masuk ke salah satu SMU negeri di Jalan Nusantara, Kecamatan Pancoran Mas.

Namun nilainya jauh dari rata passingrade, akan tetapi orang tua siswa tersebut tetap memaksakan anaknya untuk sekolah tersebut.

“Nilainya jauh dari rata rata kenapa mau maksain sekolah negeri. Karena nanti kasian anaknya,” katanya.

Ia menambahkan orangtua menginginkan anaknya masuk ke sekolah-sekolah unggulan. Menurutnya sekolah swasta kualitasnya juga cukup bagus dan berkualitas.

“Jangan karena tak masuk negeri berhenti sekolah, anak jadi putus sekolah atau karena harus memaksakan sekolah,” ucapnya.

Lantaran keinginan orang tua yang ingin memasukan anaknya ke sekolah negeri, tidak diimbangi dengan daya tampung jumlah siswa. Sehingga banyak yang tidak bisa diterima.

“Namun di sisi lain ada sekolah yang kekurangan murid. Kan kasihan jika jumlah murid kurang, padahal secara kualitas tidak perlu diragukan,” tuturnya.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada orang tua agar tidak memaksakan anaknya masuk ke sekolah negeri.

“Jangan beralasan jika sekolah negeri itu gratis biaya pendidikannya akan tetapi di sekolah negeri tetap saja diperlukan biaya,” tandasnya.Nur Komalasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here