Luncurkan BPNT

234

Pemerintah Kota Depokterusberupayauntukmengurangiangkakemiskinan di Kota Depok.Bahkan, pemerintahkotajugatelahbersinergidenganpemerintahpusatuntukmengurangiangkakemiskinantersebut.

Salah satu program pemerintahpusat yang diserapolehpemerintahkotayakniBantuanPangan Non Tunai (BPNT). Pemerintahkotasecararesmimelaunching BPNT di Kantor KecamatanCipayung.

Sedikitnya 36.993 wargaDepokmenerimaKartuKeluarga Sejahtera (KKS).PeluncuranBPNT itudilakukanlangsungolehWalikotaDepok, Mohammad Idris.Pemberiankartuitusebagaitindaklanjutdaripeluncuran BPNT secaranasional yang sebelumnyatelahdilakukanPresidenJokoWidodo di GOR POPKI, Cibubur, Jakarta Timur, pekanlalu.

“Sebanyak 36.993 KartuKeluarga Sejahtera (KKS) akandibagikankeseluruhwargaDepok.Voucher tersebutbisadigunakanuntukmembeliBeras Sejahtera (Rastra) maupungula di e-Warong yang telahditunjuk,” ujarIdris, kemarin.

Diamengatakan, tujuanpemerintahmenyelenggarakankegiatan KKS, tidakhanyauntuksekadarmembagi-bagikankartukesejahteraan.Tapi di lainsisi, pemerintahinginmendidikdanmencerdaskanwarga, menggunakansebuahInformasiTeknologi (IT).

“E-Voucher yang dibagikaniniberisisaldosebesarRp 110 ribu per bulan.Wargasebaiknyamenggunakansesuaikebutuhandantidakusahberlebihan, karenadanainiakanterakumulasisetiapbulannyadantidakakanhangus. Dengancaramenggesekkartu, kitamengenalkanwargauntukmelek IT,” tambahnya.

KepalaDinasSosial Kota Depok, KaniaPurwantimengatakanbahwa program pemerintahkotasetaradengan program KementerianSosial. Bahwabantuantersebutmeliputibantuanpendidikan, kesehatanmelalui program keluargasejahtera.

“Pendamping program keluargasejahteraada di lantai 1 Dibaleka, merekasetiapsaatmelakukanpertemuankelompok.Insha Allah tidaksalahsasarankarenahampirsetiapbulanmerekamengadakanpertemuankelompokdenganmasyarakatmiskin.Saatini kami memiliki 43 pendamping,” katanya.

SementaraituCamatCipayung,AsepRahmatmenambahkan, total KeluargaPenerimaManfaat (KPM) di KecamatanCipayungterdaftarsebanyak 1.080 warga. Wargatersebutbisamenggunakan KKS di e-warong yang berada di daerahCipayung Jaya.

“Mudah-mudahanjumlahinibisatepatsasaran, sehinggatidakadawargakurangmampulagi yang berteriak, belumkebagianjatah.Denganadanya KKS inisecaraotomatismengurangipekerjaanlurah yang tahunlalumengurusidistribusiRerasMiskin (Raskin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here