Turap KCB Roboh

171

Meningkatnya intensitas curah hujan sebulan terakhir, ditengarai menjadi pemicu terjadinya longsor turap Kali Krukut Cabang Barat (KCB) di wilayah Kelurahan Grogol dan Krukut, Kecamatan Limo.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Grogol, Nurali melansir sedikitnya ada tiga titik longsor di tebing KCB.  Bahkan, kata dia, satu titik longsor di perbatasan RW 01 dengan RW 10 meluluhlantahkan turap sepanjang hampir 15 meter.

“Kami mencatat ada tiga titik longsor tebing kali di wilayah Grogol akibat tingginya curah hujan beberapa minggu belakangan. Kami sudah melaporkan prihal itu ke Dinas Pekerjaan Umum tapi belum ada tanggapan,” ujar Nurali saat melakukan peninjauan lokasi robohnya turap perbatasan kedua wilayah, kemarin.

Selain itu, dia juga mengkhawatirkan satu titik longsor disebelah turap yang ambrol. Pasalnya area longsoran sudah menggerus badan jalan dan berpotensi memicu bahaya bagi para pengendara.

“Selama musim hujan belum mereda maka kemungkinan terjadinya longsor semakin besar. Hal itu tak bisa dihindari karena bobot tanah menjadi lebih berat dan membuat beban turap juga semakin berat. Diperlukan teknis pembuatan turap yang tepat untuk menahan beban tanah disisi ruas jalan ini,” katanya.

Menanggapi hal itu, Sekretaris Kantor Kelurahan (Sekkel) Grogol, Lukman Zaelani berharap kepada dinas terkait untuk segera memperbaiki turap yang roboh dan membangun turap di longsoran baru guna mengantisipasi meluasnya area longsor.

“Harus ada penanganan segera, karena tebing kali yang longsor berbatasan langsung dengan bibir jalan dan rentan memicu bahaya. Kami berharap kepada dinas tekait untuk segera mengatasi masalah ini,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here