Sekretariat DPRD Depok Gelar Forum Renja OPD

384

SekretariatDPRD Kota Depok menggelar Forum Renja OPD  yang dihadiri oleh unsur pimpinan, Anggota DPRD Kota Depok danjajaran Sekretariat DPRD Kota Depok. Hadirsebagai narasumber dari Bappeda, InspektoratPemerintah, BagianHukum, Bagian Administrasi Pembangunan,  danstafahlidarimasing-masingfraksi yang ada di DPRD.

Forum Renja OPD Sekretariat DPRD dipimpin oleh Ketua DPRDKota Depok,Hendrik Tangke Allo.Dalam sambutannya iamengatakan, bahwa Forum Renja OPD merupakanbagiandaritindaklanjutrapatkerjapenyusunanRenja DPRD yang dilaksanakan di Bogor beberapawaktu yang lalu.

“IniadalahsesuaiamanahPermendagriNomor54 Tahun 2010,tentangpelaksanaanPeraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian  dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah,” ujarHendrik, kemarin.

Yang paling penting, lanjutnya,dalamkegiataniniadalahpenyusunanpokok-pokokpikiran (Pokir)  dariparaAnggota DPRD Kota Depok yang merupakanaspirasidarimasyarakat yang diperolehmelaluikegiatan Reses maupun aspirasi hasil Musrenbang.

“Selainitujugaaspirasi saat pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) denganmasyarakat maupun stakeholder terkaitdapatdiakomodir.MekanismedantatacarapenyusunanPokirdanpenginputannya agar dapatdilaksanakandenganbaik,sehinggaaspirasi yang masukdalamkategoriskalaprioritasdapatterealisasipelaksanaannya dilapanganuntukkepentingandankesejahteraanmasyarakat Kota Depok,” paparnya.

Lebihlanjutiamengatakan, Forum Renja OPD Sekretariat DPRD Kota Depok merupakan forum untuk melakukan pembahasan tentang kegiatan-kegiatan dan sinkronisasi atas usulan-usulan kegiatan dari Anggota DPRD Kota Depok, yang akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Kemudian, sambungnya, ituakan dituangkan dalam dokumen Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Melalui RKPD ini Pemerintah Kota Depok akan dijadikan sebagai salah satu dasar untuk penyusunan Kebijakan Umum Anggaran danPrioritasPlafonAnggaranSementara (KUA& PPAS).

Sementaraitu, Sekretaris DPRD Kota Depok, Zamrowimengatakan, maksud dan tujuan Forum Renja OPD Sekretariat DPRD Kota Depok adalah mengacu kepada RPJMD Kota Depok Tahun 2016-2021 yaitumembuat program kerja untuk pelaksanaan kegiatan pada tahun anggaran berikutnya.

“Selainitujugauntukmemberikan landasan dan arah kebijakan  sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Sekretariat DPRD Kota Depok dalam rangka  pencapaian tujuan dan sasaran yang tercermin dalam visi dan misi Sekretariat DPRD Kota Depok,” tandasnya.

Dijelaskannya, pada tahun anggran 2018, Sekretariat DPRD Kota Depok telah menyiapkan tujuhprogram dan 38kegiatan.Adapunketujuh program tersebut diantaranyapelayanan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur,peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, meningkatan sistem pelaporan capaian kinerja dan keuangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here